IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

99 Anak Khitanan Massal Gratis di Ponpes Abah Yat, Wali Kota Mojokerto Ajak Lestarikan Tradisi Ulama

Avatar of Jurnalis : Cak Rawi - Editor : Ahmad

Kota Mojokerto, KabarTerdepan.comWalikota Mojokerto Ika Puspitasari hadir dan meninjau pelaksanaan khitanan massal gratis di pondok pesantren (Ponpes) Sabilull Muttaqin (Abah Yat) Kota Mojokerto, Minggu (2/7/2023).

Pelaksanaan Khitanan Massal tersebut merupakan kegiatan rutin ke-65 yang digelar di YPAYD Al Ikhlas, komplek ponpes Abah Yat.

Responsive Images

Sebanyak 99 anak menjadi peserta khitan massal gratis. Mereka berasal dari Kota Mojokerto dan sekitarnya. Penyelenggaraan agenda ini tidak hanya melibatkan yayasan, pondok pesantren, rumah sakit, melainkan juga berbagai komunitas dan unsur masyarakat lainnya.

Pada kesempatan itu Wali kota Mojokerto mengajak warga Kota Mojokerto untuk melestarikan tradisi yang dilakukan oleh para ulama, termasuk salah satunya khitanan massal gratis.

“Kita bersyukur ini adalah bagian dari tinggalan KH. Achyat Halimy atau Abah Yat yang harus kita lestarikan, kita teruskan menjadi bagian dari perjuangan beliau,” ujar wali kota.

Ponpes Sabilul Muttaqin ini juga dikenal oleh masyarakat Kota Mojokerto dengan sebutan pondok Abah Yat (KH. Achyat Halimy) yang merupakan pendiri ponpes. Perlu diketahui, Abah Yat merupakan sosok ulama kharismatik asli Kota Mojokerto, pendiri Laskar Hizbullah yang turut serta melawan penjajah di era tahun 1943-1945.

Selain sebagai ulama dan pejuang kemerdekaan, sosok yang akrab disapa Abah Yat tersebut juga memiliki perhatian besar di bidang sosial, salah satunya yaitu Khitanan Massal yang rutin digelar tiap tahun.

Selain apresiasi, Wali Kota Mojokerto juga berharap agar di tahun-tahun berikutnya agenda ini tetap terselenggara dengan jumlah peserta yang lebih banyak. Sehingga dapat menebar kebermanfaatan pada masyarakat yang lebih luas.

“Mugi-mugi sedoyo yang sudah berkontribusi, amalnya, shodaqohnya, ini diterima dan bisa menjadi wasilah bagi panjenengan dan kita sekalian untuk diterima di surganya Allah kelak,” ujar walikota yang akrab disapa Ning Ita ini. (*)


Eksplorasi konten lain dari Kabar Terdepan

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan komentar