IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Informasi tentang Terminal Kertajaya Mojokerto Biar Tidak Nyasar

Avatar of Nanda
Terminal Kertajaya Mojokerto
Terminal Kertajaya Mojokerto (Nanda)

Kota Mojokerto, KabarTerdepan.com – Saat ingin mengunjungi Mojokerto, pelancong dapat menggunakan beragam alat transportasi darat. Mulai kendaraan pribadi hingga kendaraan umum melalui terminal Mojokerto. Bila ingin menggunakan kendaraan umum, pengunjung perlu memperhatikan ke mana kendaraan hendak singgah. Biasanya, kendaraan umum banyak singgah di Terminal Kertajaya Mojokerto.

Terminal Kertajaya Mojokerto sendiri terletak di Jalan Gempol-Mojokerto, Meri, Magersari, Kota Mojokerto. Orang biasa menyebut lokasinya berada di simpang lima Kenanten, jalan Bypass Meri atau Jalan Raya Jabon.

Responsive Images

Terminal Kertajaya Mojokerto merupakan terminal bus tipe B terbesar yang terdapat pada kawasan regional Kota dan Kabupaten Mojokerto. Lokasi terminal ini berdekatan dengan Simpang Empat Kenanten, yang merupakan titik temu jalan raya utama lintas Surabaya–Madiun dan Mojokerto–Pasuruan.

Terminal kategori ini memiliki trayek untuk angkutan antar kota dalam provinsi (AKDP), angkutan antar kota antar provinsi (AKAP), angkutan kota (angkot), serta angkutan desa. Tak hanya itu, terminal ini juga menjadi terminal induk terbesar di Kota Mojokerto.

Terminal yang dikelola oleh Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur ini memiliki tiga peron. Lajurnya yang tersedia berjumlah enam untuk angkutan kota, empat lajur untuk angkutan pedesaan, serta lima lajur untuk bus antar kota.

Terminal Mojokerto juga menjadi titik temu daerah Mataraman, daerah sisi barat Jawa Timur dengan daerah tapal kuda yang berada di timur Jawa Timur. Rute bus yang dapat dijumpai diantaranya Surabaya (Joyoboyo & Bungurasih), Pasuruan, Ponorogo dan Pacitan, Tulungagung dan Trenggalek, lalu Jawa Tengah dan Yogyakarta, serta kota-kota lainnya.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur sendiri tengah mempersiapkan beroperasinya bus Trans Jatim koridor II dengan rute Surabaya-Mojokerto. Rute utama itu meliputi Terminal Purabaya–Terminal Kertajaya (Mojokerto) PP.

Rute koridor II ini direncanakan mempunyai jalur Terminal Purabaya-Pasar Krian-Balongbendo-Mlirip- Terminal Kertajaya dengan panjang rute kurang lebih 40 kilometer. Rute ini akan meluncur pada Agustus 2023 mendatang dengan 20 armada operasional dan dua armada cadangan. Pengembangan transportasi massal yang bersumber dari APBD Jawa Timur ini merupakan konsep integrasi untuk wilayah Gerbangkertosusila (Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan).

Jalan Menuju Terminal Kertajaya Mojokerto

Untuk menuju ke Terminal Kertajaya Mojokerto yang beralamatkan Jl. Gempol – Mojokerto, Mergelo, Meri, Kec. Magersari, Kota Mojokerto, Jawa Timur 61321 bisa menggunakan beberapa moda transportasi

Terminal Kertajaya adalah titik terminus dari total tujuh trayek angkutan kota Mojokerto. Angkutan perkotaan ini menjangkau hampir semua fasilitas publik strategis dalam kota Mojokerto serta beberapa jalur trayek juga ada yang melintasi daerah di luar perbatasan kota dari Kecamatan Sooko hingga Kecamatan Trowulan.

Bentuk fisik angkot umumnya berupa kendaran carry berwarna kuning (sebagian coklat) kapasita 11 penumpang, serta dilengkapi dengan penanda kode alfabetik (A s/d G) serta papan trayek

Angkutan Pedesaan di Terminal Kertajaya Mojokerto

Moda angkutan pedesaan di Terminal Kertajaya Mojokerto didominasi oleh dua jalur trayek seperti Mojokerto–Pacet dan Mojokerto–Mojosari. Populasi terbanyak adalah MPU jenis L300 jalur perjalanan Mojokerto–Pacet PP, yang pernah mencapai 112 unit pada kurun tahun 2005–2009.

Tetapi pada tahun 2013, jumlah unit yang beroperasi sekitar 70 unit saja dan sebagian besar unitnya hanya dioperasikan pada hari-hari tertentu seperti akhir pekan dan hari libur. Hal ini disebabkan menurunnya minat penumpang untuk naik angkutan umum serta banyak sopir yang pindah ke pekerjaan lain.

Bus Antarkota di Terminal Kertajaya Mojokerto

Terminal Kertajaya Mojokerto menjadi titik ujung lintasan dari dua jalur trayek bus antarkota dalam provinsi (AKDP) yang menggunakan bus medium berkapasitas hingga 24 penumpang. Salah satunya bus medium trayek AKDP lintas wilayah aglomerasi Gerbangkertosusila pada jalur Mojokerto–Joyoboyo, yang menghubungkan Mojokerto dengan kawasan ibukota Jawa Timur di Surabaya.

Sedangkan trayek AKDP lainnya adalah Mojokerto–Pasuruan, yang menjadi akses tercepat penghubung Mojokerto dengan kawasan tapal kuda Jawa Timur tanpa transit di Surabaya. Operator bus pada kedua jalur trayek tersebut dikuasai oleh paguyuban yang terdiri dari beberapa nama koperasi atau perusahaan otobus lokal seperti PT Djoko Kendil, Koperasi Amoedi Putra, Koperasi Avi Jaya Berkah, dsb.

Bus Trans Jatim

Dishub Jawa Timur mengonfirmasi bahwa layanan koridor 2 Trans Jatim relasi Surabaya–Mojokerto akan diresmikan antara Agustus–September 2023 menggunakan 22 unit bus medium dengan dek tinggi. Pembukaan koridor ini menjadi tonggak sejarah masuknya layanan angkutan massal berbasis jalan untuk yang pertama kalinya di Mojokerto Raya, yang sudah tersambung dengan koridor Trans Jatim lainnya serta koridor trunk/feeder di Surabaya seperti Suroboyo Bus, Trans Semanggi Suroboyo ataupun Wirawiri Suroboyo.

Sema halte pada lintasan koridor tersebut tersebar pada ruas arteri jalan nasional rute Nasional 17 dengan rute daerah dari Terminal Kertajaya, Mlirip, Balongbendo, Pasar Krian hingga Terminal Purabaya, sejauh sekitar 40 km. Dishub Jawa Timur menunjuk perusahaan otobus asal Kabupaten Malang, PT Bagong Dekaka Makmur sebagai operator yang melayani koridor ini.

Angkutan Bus Besar

Kantor Terminal Kertajaya mojokerto
Kantor Terminal Kertajaya Mojokerto (Wikipedia)

Terminal Kertajaya Mojokerto menjadi titik naik serta turun penumpang dan lintasan bus antarkota yang menggunakan bus besar dengan fasilitas kelas ekonomi. Rata-rata busa yang menggunakan adalah unit bus besar yang mempunyai jalur trayek dari Surabaya menuju bagian barat Jawa Timur, serta beberapa kota besar di Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Barat.

Sebagian bus lainnya adalah jalur trayek bus ekonomi jarak jauh dari dan menuju ke kawasan tapal kuda Jawa Timur dengan jadwal keberangkatan yang lebih terbatas dibandingkan jalur angkutan lainnya.

Daftar Trayek Bus Antarkota Kelas Ekonomi di Terminal Kertajaya

  • Surabaya–Ponorogo/Pacitan
  • Surabaya–Tulungagung/Trenggalek
  • Surabaya–Yogyakarta/Semarang/Wonogiri
  • Surabaya–Purwokerto/Tasikmalaya
  • Ponorogo–Ambulu

Itulah sekilas informasi tentang Terminal Mojokerto. Jangan lupa mengajak sanak saudara saat mampir ke Mojokerto.


Eksplorasi konten lain dari Kabar Terdepan

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan komentar