IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Ayo Ikut Lomba TPS Tematik, Raih Puluhan Juta Rupiah

Avatar of Jurnalis : Lintang - Editor : Yunan
WhatsApp Image 2024 02 13 at 1.05.27 PM
Rapat persiapan lomba TPS Tematik pemilu 2024 (Kominfo Kota Mojokerto)

Kota Mojokerto, Kabarterdepan.com – Pemkot Mojokerto mengadakan lomba Tempat Pemungutan Suara (TPS) Tematik berhadiah puluhan juta rupiah.

Penjabat (Pj.) Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro menyampaikan, hal ini dilakukan dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu 14 Februari 2024 mendatang.

Responsive Images

“Kita lakukan berbagai upaya agar masyarakat berbondong-bondong ke TPS, termasuk dengan menggelar lomba TPS yang berhadiah uang dengan total sebesar Rp 25 juta rupiah,” kata Ali Kuncoro, Sabtu (10/2/2024).

Ali menambahkan, angka partisipasi pemilih di Kota Mojokerto pada Pemilu sebelumnya sudah mencapai 86%.

Pemilu kali ini, lanjut Ali, ditargetkan mencapai 90% atau lebih. Oleh sebab itu, pihaknya mengadakan lomba tersebut.

Sosok yang akrab disapa Mas Pj menuturkan, lomba TPS Tematik tidak harus bertema kerajaan atau majapahitan.

“TPS nya bisa bertema apapun, selama itu menarik dan unik. Masing-masing bebas berkreasi sehingga masyarakat tertarik untuk datang ke TPS dan ikut mencoblos,” tuturnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Heryana Dodik Murtono selaku Plt. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Mojokerto, lomba TPS ini terbagi menjadi dua kategori yaitu TPS Paling Unik dan TPS dengan angka partisipasi tertinggi.

“Untuk TPS Tematik nanti akan ada juara 1, 2 dan 3. Sedangkan TPS dengan angka partisipasi tertinggi hanya ada satu pemenang yaitu yang memenuhi minimal 90 persen pemilih datang dan mencoblos,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, sejak pendaftaran dibuka pada pekan terakhir bulan Januari 2024 jumlah pendaftar sudah melebihi target yang ditetapkan.

“Kita targetkan satu kelurahan satu TPS, ternyata ada beberapa TPS dalam satu kelurahan yang sudah mendaftar,” jelasnya.

Pendaftaran lomba TPS ini akan dibuka hingga 12 Februari 2024. Penilaian untuk 10 besar akan dilakukan oleh tim juri yang terdiri dari Diskominfo, KPU, Bawaslu, PWI dan Dewan Kebudayaan Daerah.

Sedangkan untuk pemenang 3 besar akan dinilai secara langsung oleh Pj. Wali Kota, Sekretaris Daerah dan Pj. Ketua PKK Kota Mojokerto. (*)

Tinggalkan komentar