IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Stok LPG dan Beras di Jember Jelang Idul Fitri Dipastikan Aman

Avatar of Redaksi
Masyarakat antre pasra murah di Jember, Senin (1/4/2024). (Lana/kabarterdepan.com)
Masyarakat antre pasra murah di Jember, Senin (1/4/2024). (Lana/kabarterdepan.com)

Jember, kabarterdepan.com – 10 hari Jelang lebaran, stok Gas LPG di Jember sempat terjadi kelangkaan . Selain itu sejumlah barang pokok penting (Bapokting) menjelang Lebaran terus mengalami kenaikan. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Jember Yuliana Harimurti saat dikonfirmasi media ini, Senin (1/4/2024) sore

Dia menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Jember melalui Disperindag Jember melakukan dua hal baru-baru ini. Mulai menyelesaikan persoalan kelangkaan LPG dan menekan harga beras.

Responsive Images

“Sekitar 10 hari yang lalu, LPG mengalami kelangkaan,” tegasnya.

Terutama di Kecamatan Mayang dan sekitarnya. Penyebabnya, lantaran permintaan salah satu UMKM penyedia kue kering kacang yang naik hingga lima kali lipat.

Pihaknya telah bersurat ke Pertamina untuk menambah stok LPG sebanyak 100 persen. Dengan begitu, kebutuhan LPG terpenuhi di seluruh Kabupaten Jember. Selain itu, pihaknya juga telah melakukan pemantauan terkait dengan ketersediaan stok LPG di Kecamatan Mayang dan sekitarnya. Mulai Ledokombo, Silo, hingga Kalisat.

Lebih lanjut, dia menyebutkan bahwa harga beras turun karena sudah memasuki panen raya. Baik beras medium maupun beras premium.

“Beras medium pada harga Rp 13 ribu sampai Rp 13.900 per kilogram, sedangkan harga beras premium pada Rp 15.600 kilogram,” terangnya.

“Harga gula di pasar sekitar Rp 16 ribu sampai 17. 500, tapi di Pasar Murah mencapai Rp 15.500,” lanjutnya. Untuk mengantisipasi harga beras dan barang lain, pihaknya melakukan operasi pasar. “Tiap hari di pasar yang merupakan pantauan disperindag,” ucapnya.

Dia menegaskan bahwa Pemkab Jember juga telah membuat pasar murah di 15 kecamatan.

“Kepada seluruh masyarakat, stok kita aman. Untuk beras dan LPG, belilah sesuai dengan kebutuhan. Tak perlu meenyimpan, saya pastikan stok beras aman sampai Levaram,” tandasnya.(lana)


Eksplorasi konten lain dari Kabar Terdepan

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan komentar