IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Wali Kota Mojokerto Resmikan PLUT Maja Citra Kinarya

Avatar of Jurnalis : Lintang - Editor : Yunan
08d5ff45d881c15d7f039522c535e542
Penandatanganan prasasti PLUT oleh Wali Kota Mojokerto dan Deputi Usaha Mikro Kemenkop RI (Diskominfo Kota Mojokerto)

Kota Mojokerto, Kabarterdepan.com – Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari meresmikan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Maja Citra Kinarya, Sabtu (9/12/2023). Dalam sambutannya, ia menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Koperasi dan UKM RI.

“Saya atas nama Pemkot Mojokerto tentu sangat bersyukur, bahwa di penghujung 2023 kita bisa bersama-sama meresmikan PLUT Kota Mojokerto yang kami beri nama Maja Citra Kinarya,” kata wali kota.

Responsive Images

Lebih lanjut, sosok yang akrab disapa Ning Ita menyampaikan bahwa UMKM dan IKM Kota Mojokerto mendominasi dalam menyumbang PDRB Kota Mojokerto sehingga perlu difasilitasi oleh pemerintah.

“Kami sadar betul bahwa potensi dari UMKM dan IKM Kota Mojokerto yang begitu mendominasi dalam menyumbang PDRB. Ini butuh kehadiran pemerintah untuk terus memberikan fasilitasi, dukungan dalam rangka menguatkan peran mereka semua,” kata Ning Ita.

“Kehadiran UMKM dan IKM di Kota Mojokerto inilah yang menguatkan dari sektor ekonomi, dari sektor pengurangan pengangguran terbuka dan kita juga lebih cepat bangkit dari dampak pandemi covid karena kehadiran UMKM dan IKM,” imbuhnya.

Sementara itu, Deputi Usaha Mikro Kemenkopukm RI Yulius menuturkan bahwa PLUT Maja Citra Kinarya telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang diinginkan dalam PLUT, misalnya inkubasi, pemasaran produk dan kerja sama dengan perusahaan.

Tak hanya itu, ia menekankan dalam PLUT yang terpenting bukanlah peresmiannya namun kelanjutan dari manfaat PLUT tersebut.

“Ketika saya datang kesini, fasilitas-fasilitas yang diinginkan dalam PLUT sudah ada, biasanya peresmian itu bagus, tapi kelanjutannya yang paling penting,” tegas Yulius.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Kopukm, Andromeda Qomariah menambahkan, dengan adanya PLUT di Kota Mojokerto akan mempercepat dan menguatkan UMKM di Jawa Timur dan PLUT Maja Citra Kinarya merupakan PLUT keenam di Jawa Timur setelah Malang, Pacitan, Tulungagung, Jember, Trenggalek.

“Dengan adanya PLUT ini, maka kita tahu bahwa yang melakukan pendampingan adalah mereka yang mempunyai kompetensi sesuai bidangnya. Jadi inilah yang akan menguatkan UMKM kita bisa berkompetisi,” pungkas Andromeda.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Mojokerto bersama Deputi Usaha Mikro Kemenkopukm RI, dan Kepala Dinas Kopukm Provinsi Jatim juga meresmikan Sentra IKM secara virtual, menyerahkan penghargaan kepada lulusan inkubasi wirausaha dan Young Enterpreneurship Award serta penyerahan CSR angkutan. (*)

Tinggalkan komentar