IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Semua Capres Diundang Komitmen Kemerdekaan Pers, Hanya Anies yang Datang

Avatar of Jurnalis : Muzakki - Editor : Ano
Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu bersama Anies Baswedan dalam kegiatan penandatangan komitmen kemerdekaan Pers, Sabtu (10/2/2024). (X @NenkMonica)
Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu bersama Anies Baswedan dalam kegiatan penandatangan komitmen kemerdekaan Pers, Sabtu (10/2/2024). (X @NenkMonica)

Jakarta, kabarterdepan.com – Dewan pers mengundang semua calon presiden (Capres) untuk menandatangani komitmen kemerdekaan Pers, Sabtu (10/2/2024) malam.

Akan tetapi dari tiga capres yang diundang, hanya capres nomor urut 1 Anies Baswedan yang hadir langsung memenuhi undangan tersebut. Anies datang ke lokasi ditemani istrinya, Fery Farhati sekitar pukul 19.19 WIB.

Responsive Images

Sementara itu, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto diwakilkan oleh Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani. Sedangkan capres nomor urtu 3 Ganjar Pranowo hadir secara daring melalui aplikasi zoom. Ganjar memang melangsungkan kampanye akbar pada Sabtu (10/2/2024) di 2 kota di Jawa Tengah, Solo dan Semarang.

Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu mengatakan, peran pers sangat diperlukan sebagai pilar keempat demokrasi. Pers ikut berperan memastikan situasi demokrasi terjaga dengan baik, termasuk mengawal proses pemilihan umum (Pemilu) 2024 agar berjalan jujur dan adil.

“Pers punya andil besar untuk mewujudkan pemilu yang damai, sejuk, dan memilih pemimpin terbaik untuk Indonesia,” kata Ninik, Sabtu (10/2/2024).

Ada beberapa poin yang terdapatv dalam komitmen kemerdekaan pers yang diinisiasi Dewan Pres ini. Pertama, meminta Anies-Cak Imin, Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud menyatakan menjamin independensi dan kemerdekaan pers dari campur tangan pihak manapun.

Kedua, menolak segala bentuk intimidasi, kekerasan dan kriminalisasi terhadap pers. Ketiga, mendukung pers yang profesional agar mampu menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas.

Konstituen dewan pers yang menandatangani deklarasi ini termasuk Persatuan Wartawan Indonesia, Aliansi Jurnalis Independen, Serikat Perusahaan Pers, Ikatan Jurnalis TV Indonesia, Serikat Media Siber Indonesia, Asosiasi Media Siber Indonesia, Jadingan Media Siber Indonesia, Pewarta Foto Indonesia, Asosiasi Televisi Swasta Indonesia, Asosiasi TV Lokal Indonesia, dan Persatuan Radio Siaran Swasta Indonesia.

Dalam sambutannya, Anies Baswedan menunjukkan angka kekerasan terhadap pekerja media pada 2023 meningkat 42 persen dibanding tahun sebelumnya. Menurut Anies, angka tersebut bisa bertambah karena ada kasus yang tidak terlaporkan. Oleh sebab itu, Anies mengaku berkomitmen memberikan dukungan sistemik untuk melindungi pekerja pers dan juga media dari serangan digital.

“Kami ingin tegaskan komitmen dari kami untuk menjaga kebebasan pers,” ujar Anies.

Sementara Ganjar Pranowo melalui aplikasi Zoom mengatakan, Pers berperan penting dalam mengawal gelaran pemilu. Menueurtnya kebebasan pers bisa memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Saya kira wajib hukumnya siapapun untuk mempunyai komitmen dalam kebebasan pers,” ujar Ganjar.

Sementara, Ketua Umum TKN Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani menyebut, Prabowo tidak bisa hadir karena baru saja selesai menggelar kampanye akbar pamungkas di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Rosan menyampaikan pesan Prabowo bahwa capres nomor urut 2 itu berkomitmen menjaga kebebasan pers.

“Indonesia sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, tentu kemerdekaan pers adalah hal yang mutlak harus kita jaga dan tingkatkan,” pungkas Rosan. (*)

Tinggalkan komentar