IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

DTM ITS Kunjungi PT Robries, Tawarkan Solusi Inovatif Produk Daur Ulang Limbah Plastik

Avatar of Jurnalis : Lintang - Editor : Yunan
WhatsApp Image 2023 12 27 at 4.26.09 PM
Tim ITS

Permasalahan dalam produksi produk daur ulang limbah plastik di PT Robries, Sidoarjo, telah menjadi fokus kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Tim Departemen Teknik Mesin (DTM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Salah satu permasalahan yang dihadapi adalah kualitas produk yang kurang memadai, termasuk penyusutan yang tidak terkontrol, dimensi produk yang tidak konsisten, dan kandungan void dalam produk.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Tim DTM ITS telah menawarkan solusi inovatif berupa desain cetakan (moulding) limbah sampah plastik skala laboratorium yang terintegrasi dengan teknologi yang mampu mengatur laju penyusutan dan kandungan void dari produk daur ulang limbah plastik. Solusi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk daur ulang limbah plastik dan memprediksi pemuaian pada produk. Dengan melibatkan koordinasi dengan pihak Robries, Tim DTM ITS berharap dapat merancang cetakan limbah sampah plastik yang dilengkapi dengan teknologi untuk menghasilkan produk daur ulang limbah plastik yang berkualitas.

Responsive Images

Solusi ini juga melibatkan pembuatan moulding multifungsi yang dapat digunakan untuk mencetak limbah plastik menjadi produk layak pakai, serta produksi moulding multifungsi yang sesuai dengan rancangan. Dengan menerapkan solusi ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk daur ulang limbah plastik di Robries, serta memastikan kondisi moulding dan kualitas cetakan yang baik.

Tim ITS telah melakukan dua kali kunjungan ke PT Robries. Pada kunjungan pertama, dilakukan diskusi terkait permasalahan yang dialami oleh PT Robries, diantaranya adalah penyusutan yang tidak terkontrol, dimensi produk yang tidak konsisten, voids pada produk, dan lengket pada cetakan. PT Robries berharap dapat meningkatkan kualitas produk daur ulang limbah plastik sehingga produk mereka dapat bersaing di pasar lokal maupun internasional.

Sementara pada kunjungan kedua, tim ITS menyampaikan progres penelitian yang telah dilakukan dan melakukan pengambilan data untuk melanjutkan penelitian lebih lanjut. Dalam kunjungan tersebut, tim ITS juga berdiskusi dengan PT Robries mengenai langkah-langkah selanjutnya dalam penelitian ini.

PT Robries menyambut baik kerja sama ini dan berharap solusi inovatif yang ditawarkan oleh Tim DTM ITS dapat membantu mereka meningkatkan kualitas produk daur ulang limbah plastik. Dengan kerja sama ini, PT Robries berharap dapat memproduksi produk daur ulang limbah plastik yang berkualitas dan dapat diterima oleh masyarakat di dalam dan luar negeri.

Dengan adanya solusi inovatif ini, diharapkan dapat terjadi peningkatan kualitas produk daur ulang limbah plastik di PT Robries, serta transfer ilmu dan teknologi dari ITS kepada mitra industri. Solusi ini juga memiliki potensi untuk meningkatkan kapasitas produksi, omzet penjualan, dan memastikan kondisi moulding dan kualitas cetakan yang baik. Dengan demikian, kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi industri daur ulang limbah plastik di Indonesia. (*)

Penulis: Tim Departemen Teknik Mesin (DTM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Tinggalkan komentar