IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

6 Keistimewaan Kota Mojokerto, Apa Sajakah Itu?

Avatar of Jurnalis : Lintang - Editor : Yunan
51A3D308 2A9C 4A06 B77C 7CCCE88DDB13
Kota Mojokerto (Kominfo Kota Mojokerto)

Kota Mojokerto, Kabarterdepan.com – Kota Mojokerto, dikenal sebagai hinterland Ibu Kota Jawa Timur.

Terletak di Provinsi Jawa Timur, kota ini berjarak sekitar 50 kilometer barat daya Kota Surabaya.

Responsive Images

Kota Onde-onde ini juga menjadi bagian dari kawasan metropolitan Surabaya, yaitu Gerbangkertosusila bersama Gresik, Bangkalan, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan.

Dengan slogan ‘Spirit of Mojopahit’, berikut ini 6 keistimewaan Kota Mojokerto.

Merupakan salah satu kota terkecil di Indonesia

Kota Mojokerto merupakan salah satu kota terkecil di Indonesia dengan luas wilayah hanya 20,48 kilometer persegi dengan tiga kecamatan.

Meski kecil kota ini memiliki jumlah penduduk yang cukup padat yakni 140.730 jiwa.

Kota Mojokerto tercatat sebagai kota dengan luasan wilayah terkecil ketiga setelah Kota Magelang di Jawa Tengah dan Kota Sibolga di Sumatera Utara.

Kota terinovatif se-Indonesia

Meski kecil namun cabe rawit, dalam dua tahun berturut-turut Kota Mojokerto dinobatkan sebagai Kota Terinovatif se-Indonesia pada ajang Innovative Government Award (IGA) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Hingga saat ini sebanyak 176 inovasi berhasil dilahirkan oleh Pemerintah Mojokerto.

Presiden RI pertama, Soekarno pernah tinggal dan bersekolah di Kota Mojokerto

Dalam buku karya Cindy Adams yang berjudul “Bung Karno : Penyambung Lidah Rakyat Indonesia” terekam jejak masa kecil Soekarno di Kota Mojokekrto.

Pada sumber lain berjudul Soekarno-Hatta Persamaan dan Perbedaannya (1983) oleh Tamar Djaya, juga diterangkan Soekarno berada di Kota Mojokerto selama delapan tahun, sejak 1908 sampai 1916.

Pada waktu itu usianya tujuh sampai lima belas tahun.

Jejak masa kecil Soekarno di Kota Mojokerto juga diverifikasi dengan sejumlah bangunan yang menjadi saksi bisu bagaimana sosok sang proklamator tersebut melewati hari-harinya di Kota Mojokerto.

Diantaranya Sekolah “Ongko Loro” yang kini menjadi SDN Purwotengah Kota Mojokerto dan Europesche Legore School (ELS) yang sekarang menjadi SMP Negeri 2 Kota Mojokerto.

Kota Sepatu

Kota Mojokerto sejak dulu dikenal sebagai salah satu produsen sepatu di Jawa Timur.

Meski produk sepatu yang diproduksi oleh UMKM sekelas industri rumahan (home industry), namun secara kualitas telah diakui hingga luar negeri.

Hingga saat ini tercatat jumlah IKM alas kaki di Kota Mojokerto sebanyak 216, dan telah memiliki Pusat Grosir Sepatu (PGS) yang terletak di Jalan Raden Wijaya Nomor 35 (ex Bentar Swalayan), Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto.

Kota Wisata Sejarah dan Budaya

Sejarah Kebesaran Kerajaan Majapahit dan jejak Soekarno yang pernah tinggal di Kota Mojokerto menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Kota Mojokerto terus bersolek meneguhkan diri sebagai kota wisata berbasis Sejarah dan Budaya.

Hampir setiap sudut di Kota Mojokerto mendapat sentuhan Majapahitan mulai dari fasilitas umum, hingga gedung-gedung pemerintahan.

Tidak hanya itu dua sekolah tempat Soekarno mengenyam pendidikan di Kota mojokerto kini juga sudah ditetapkan sebagai cagar budaya.

Bahkan saat ini Pemkot Mojokerto tengah membangun Taman Bahari Majapahit (TBM) sebagai ikon wisata baru di Kota Mojokerto yang merupakan pendukung KSPN Mojopahit yang ada di Trowulan.

Wisata Kuliner

Fakta menarik lainnya, Kota Mojokerto merupakan surga bagi pecinta kuliner, berbagai macam sajian makanan dan minuman siap memanjakan lidah pengunjung.

Mulai yang dijajakan di pinggir jalan, Food court, caffee shop hingga berbagai franchise ternama di Indonesia ada di Kota Mojokerto.

Tinggalkan komentar