IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Jika Pilpres Digelar Hari ini, Prabowo Paling Banyak Dipilih

Avatar of Jurnalis : Erix - Editor : Yunan
Prabowo Subianto, capres yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM). (Instagram @prabowo)
Prabowo Subianto, capres yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM). (Instagram @prabowo)

Jakarta, KabarTerdepan.com – Peta politik jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 semakin mengerucut. Ada tiga capres yang nantinya berkontestasi dalam Pilpres yang digelar 14 Februari 2024.

Namun, jika pilpres digelar hari ini, Prabowo Subianto yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) paling banyak dipilih. Menurut Indonesia Polling Stations (IPS) dalam hasil survei terbarunya menunjukkan tingkat keterpilihan (elektabilitas) Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden mencapai 40,8 persen. Sementara itu dua kandidat bakal capres lain, yaitu Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, masing-masing memperoleh 35,9 persen dan 20,2 persen.

Responsive Images

“Dengan hasil seperti ini, jika pilpres dilaksanakan saat ini, maka akan berlangsung dua putaran. Prabowo dan Ganjar maju ke putaran kedua, sedangkan Anies tereliminasi,” kata Peneliti Senior Indonesia Polling Stations Alfin Sugianto saat memaparkan hasil survei di Jakarta, Jumat (22/9/2023).

Selanjutnya, IPS juga mengumumkan hasil simulasi putaran kedua yang memasang Prabowo dan Ganjar. Hasilnya, 52,8 persen responden dari total 1.220 responden memilih Prabowo, sedangkan 40,3 persen responden memilih Ganjar. Sementara 6,9 persen belum nenetukan pilihan.

Survei terbaru IPS ini dilakukan pada periode 5-15 September 2023 dengan total 1.220 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak bertingkat atau multistage random sampling.

Survei dilakukan dengan teknik wawancara tatap muka dengan bantuan kuesioner. Margin of error survei +/- 2,8% dengan tingkat kepercayaan 95%.

IPS juga membeberkan simulasi head to head capres. Hasilnya, Prabowo menang melawan Ganjar ataupun Anies. Berikut datanya:

Prabowo vs Ganjar

Prabowo Subianto 51 persen
Ganjar Pranowo 39,1 persen
Tidak tahu 9,1 persen

Prabowo vs Anies

Prabowo Subianto 56,2 persen
Anies Baswedan 36,5 persen
Tidak tahu 7,3 persen. (*)


Eksplorasi konten lain dari Kabar Terdepan

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan komentar