IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

400 Aparat di Kota Malang Dikerahkan Untuk Amankan Malam Natal 2023

Avatar of Jurnalis : Dinda - Editor : Yunan
DSC01132 waifu2x photo noise3 scaled
Jajaran Forkopimda Kota Malang saat memantau keamanan malam natal di Gereja Katolik Hati Kudus Yesus Kayutangan, Minggu (24/12/2023) (Dinda/Kabarterdepan.com)

Kota Malang, Kabarterdepan.com – Malam natal 2023 di Kota Malang diharapkan berjalan dengan aman. Jajaran Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Kota Malang mengadakan pemantauan tempat ibadah umat Kristiani dan mengerahkan 400 aparat, Minggu (24/12/2023).

Malam natal yang diadakan pada malam hari sebelum hari natal selalu identik dengan malam yang damai dan aman. Demi menjaga kedamaian dan keamanan pada malam ini, 400 aparat dari TNI, Polri, Satpol, dan beberapa organisasi pengaman lainnya di Kota Malang dikerahkan secara langsung.

Responsive Images

Pengerahan aparat tersebut dimulai sejak Minggu (24/12/2023) usai Apel Gelar Pasukan Pengamanan Masyarakat (PAM) yang diadakan di halaman Balai Kota Malang.

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol. Budi Hermanto mengatakan, usai apel, pihak Brimob Batalyon B langsung melakukan sweeping di beberapa gereja di Kota Malang, salah satunya Gereja Katedral Paroki Santa Perawan Maria dari Gunung Karmel.

“Yang paling utama kita fokus terhadap peribadatan di gereja. Kita juga melakukan sterilisasi dengan Brimob dari Batalyon B lalu dikomunikasikan dengan pengelola dari gereja gereja yang ada,” kata Budi.

Setelah itu, jajaran Forkopimda Kota Malang turun langsung untuk memantau keamanan di tempat-tempat ibadah. Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat menyampaikan, pemantauan yang merupakan bagian dari giat Operasi Lilin 2023 itu dilakukan demi memberikan rasa aman pada umat Kristiani terutama di malam natal ini.

“Kita akan masuk ke gereja untuk bisa menciptakan rasa aman nyaman. Agar mereka bisa fokus beribadah. Kita akan langsung hadir di tengah-tengah mereka,” ungkap Wahyu. 

Jajaran Forkopimda pada giat pemantauan ini mengunjungi empat tempat ibadah, di antaranya Gereja Katolik Hati Kudus Yesus Kayutangan dan Gereja Kristen Indonesia Jalan Bromo. Lalu dilanjut menuju Gereja Kristus Tuhan Jemaat III dan yang terakhir Gereja Katedral Paroki Santa Perawan Maria dari Gunung Karmel.

Selain melakukan pemantauan pada tempat ibadah, jajaran Forkopimda yang berkeliling dengan bus Malang City Tour itu juga menilik Pos PAM yang berada di Jalan Besar Ijen. Diteruskan dengan Pos Pelayanan di depan Malang Creative Center (MCC) yang bertempat di Jalan A. Yani. 

Tinggalkan komentar