IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Ratusan Driver Online di Malang Demo Tuntut Realisasi Tarif Baru, Wali Kota Turut Mendukung

Avatar of Jurnalis : Erix - Editor : Yunan
Ratusan driver online di Malang menggelar demi, Senin (18/9/2023). (Dok.MOB Malang)
Ratusan driver online di Malang menggelar demi, Senin (18/9/2023). (Dok.MOB Malang)

Malang, KabarTerdepan.com – Ratusan driver online dari Roda Dua (R2) dan Roda Empat (R4) di Malang demo Senin (18/9/2023). Para driver online yang tergabung dalam wadah Malang Online Bersatu (MOB) itu mendatangi Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dan beberapa kantor aplikator cabang Malang.

Ketua Presidium MOB, Guruh Seni Persaja mengatakan, ia bersama perwakilan timnya berupaya temui pemerintah untuk menuntut Keputusan Gubernur (Kepgub) Jawa Timur akan tarif terbaru segera diterapkan.

Responsive Images

“Di sini kami bersama rekan-rekan driver online, bersama-sama menuntut Keputusan Gubernur Jatim Nomor 188/291/KPTS/013/2023, agar diterapkan,” tandas Guruh Seni Persaja, Senin, (18/9/2023).

Selain tuntutan diterapkannya Kepgub tersebut, para pendemo juga menolak dan menyerukan ditiadakannya biaya-biaya tambahan lain yang selama ini diterapkan khususnya Gojek dan Grab.

“Hal itu memberatkan para mitranya, khususnya kami para driver pendapatannya semakin rugi dan tidak manusiawi,” lanjut Guruh.

Dipaparkan Guruh, para ojek online saat ini harus mengelus dada. Sebab pendapatan mereka turun lebih sekitar 50 persen dari yang dulunya rata-rata mendapat kotor kurang lebih Rp 400 ribu per hari.

“Itupun, belum dihitung dengan perbaikan dan bensin maupun lainnya. Sekarang mereka merasa kesulitan karena minimnya pendapatan, untuk mengumpulkan Rp100 ribu per harinya sangatlah kesulitan,” papar Guruh.

Perwakilan driver online berdialog dengan anggota DPRD Malang, Senin (18/9/2023). (Dok.MOB Malang)
Perwakilan driver online berdialog dengan anggota DPRD Malang, Senin (18/9/2023). (Dok.MOB Malang)

Sementara itu Ketua komisi C DPRD Kota Malang, Fathol Arifin menyampaikan, tuntutan para driver online ini akan terus dikawal untuk kesejahteraannya.

“Kami bersama rekan-rekan dewan kota Malang, akan bersama-sama ikut mengawal dan memperjuangkan apa yang menjadi tuntutan teman-teman MOB,” ucapnya di tengah-tengah aksi demo damai.

Kegiatan demo itu juga tak luput dari perhatian Wali Kota Malang, Sutiaji yang menerima dan menanggapi perjuangan para driver online, demi kesejahteraan bersama.

“Ini tadi sebetulnya, kami dalam perjalanan giat di luar, namun adanya rekan-rekan rawuh, kami bersama jajaran, di tengah perjalanan langsung balik ke sini, demi menyambut dan memperjuangkan apa yang menjadi keinginan rekan-rekan,” kata Wali Kota Malang dari atas mobil komando MOB.

“Para rekan-rekan driver online harus sejahtera, jangan sampai dizalimi, kami semua siap menandatangani kesepakatan dalam perjuangan ini,” pungkas Sutaji. (*)


Eksplorasi konten lain dari Kabar Terdepan

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan komentar