IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Move On dari Anies, Partai Demokrat Dukung Prabowo di Pilpres 2024

Avatar of Jurnalis : Erix - Editor : Yunan
Partai Demokrat Dukung Prabowo
Kebersamaan Prabowo Subiyakto dengan Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Partai Demokrat Dukung Prabowo Minggu (17/9/2023)

Jakarta, KabarTerdepan.com – Partai Demokrat akhirnya memutuskan bergabung dengan koalisi Indonesia Maju (KIM) dan mendukung Prabowo Subianto untuk maju sebagai bakal calon presiden (Bacapres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Sebelumnya Partai Demokrat mengusung Anies Baswedan untuk pilpres 2024 di koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Namun di tengah jalan Demokrat memutuskan keluar dari koalisi KPP dan mencabut dukungan karena keputusan sepihak Nasdem yang menggandeng Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai Bakal Calon Wakil Presiden yang mendampingi Anies.

Responsive Images

Partai Demokrat kemudian Move On dan mengalihkan dukungan untuk Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024. Dukungan itu disampaikan secara langsung oleh Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kepada Prabowo di Hambalang, Bogor Jawa Barat, Minggu (17/9/2023).

Partai Demokrat Dukung Prabowo

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional Viva Yoga Mauladi mengatakan pernyataan dukungan disampaikan SBY dan AHY dalam pertemuan tertutup yang dihadiri oleh petinggi partai pendukung Prabowo.

“Dalam sambutannya, Pak SBY menyatakan sebagai berikut, Partai Demokrat menyatakan dukungannya secara resmi kepada Prabowo Subianto sebagai capres (calon presiden) di Pilpres 2024,” kata Viva Yoga yang ada di pertemuan itu.

Partai Demokrat Dukung Prabowo
Pertemuan tertutup para pimpinan partai di Koalisi Indonesia Maju, Minggu (17/9/2023), Partai Demokrat Dukung Prabowo. (Instagram @prabowo)

Viva mengatakan, salah satu alasan Demokrat bergabung bersama koalisi yang mengusung Prabowo adalah karena ada kesamaan cita-cita dan Chemistry. Selain itu dalam pertemuan yang sama SBY  menyampaikan Partai Demokrat merasa nyaman dan “at home” di Koalisi Indonesia Maju.

Dalam pertemuan tersebut, lanjut Viva, SBY juga memuji Prabowo sebagai seorang pejuang yang tak pernah kenal lelah mengabdikan dirinya untuk bangsa dan negara. Poin penting lain dari pertemuan itu bahwa SBY selaku Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat menyatakan siap turun gunung untuk memenangkan Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Pertemuan tertutup itu dihadiri juga oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum partai Zulkifli Hasan didampingi sejumlah elit seperti Hatta Rajasa, dan pimpinan partai anggota koalisi lainnya, yaitu dari Partai Bulan Bintang, Partai Gelora Indonesia, kemudian dari partai-partai lain seperti Partai Garuda, Partai PRIMA, dan Partai Solidaritas Indonesia.

Sementara itu Sekjen DPP Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya menyampaikan bahwa partainya memberikan dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai Capres. Demokrat pun menitipkan agenda perubahan pada Prabowo saat pertemuan antara elit Demokrat dengan Koalisi Indonesia Maju di kediaman Prabowo, di Hambalang, Bogor.

“Dalam pertemuan sore tadi (17/9), di Hambalang, Ketua Umum Partai Demokrat (Agus Harimurti Yudhoyono) menyampaikan hasil keputusan MTP Demokrat yang menyatakan Partai Demokrat mendukung Pak Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden pada Pilpres 2024,” kata Teuku dalam keterangannya, Minggu (18/9/2023).

“Pada kesempatan itu, Ketum AHY juga menitipkan agenda perubahan dan perbaikan yang diusung Partai Demokrat; yang sudah baik dilanjutkan, yang belum baik diperbaiki,” imbuhnhya.

Teuku Riefky menegaskan AHY akan mengumumkan secara resmi dukungan untuk Prabowo sebagai Capres pada Kamis, 21 September 2023. yang diikuti ribuan pengurus Partai Demokrat dari seluruh Indonesia. (*)


Eksplorasi konten lain dari Kabar Terdepan

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan komentar