IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Anies dan Cak Imin Tanggapi Hasil Survei yang Rendah

Avatar of Jurnalis : Erix - Editor : Yunan
Pasangan Anies-Cak Imin merespon survei yang rendah. (Instagram @aniesnaswedan)
Pasangan Anies-Cak Imin merespon survei yang rendah. (Instagram @aniesnaswedan)

Jakarta, KabarTerdepan.com – Sejak dideklarasikan menjadi pasangan Bakal Calon Presiden (Bacapres) dan Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres), Pasangan Anies Baswedan dan Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin belum menunjukkan elektabilitas yang tinggi.

Hal itu terungkap dari hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyatakan pasangan Anies – Cak Imin memiliki elektabilitas yang paling rendah sebagai kandidat capres-cawapres meski telah resmi dideklarasikan.

Responsive Images

SMRC membuat simulasi tiga pasangan capres dan cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Erick Thohir dan Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil. Catatan dari survei ini, dua pasangan yang terakhir memang belum dideklrasikan.

Mengutip situs SaifulMujani.com, Hasilnya, elektabilitas Ganjar-Ridwan Kamil tertinggi dengan 35,4 persen. Diikuti Prabowo-Erick 31,7 persen. Anies-Cak Imin hanya 16,5 persen. Ada 16,4 persen belum menjawab.

“Ini reaksi publik beberapa hari setelah deklarasi Anies-Muhaimin. Harapan bahwa suara pasangan ini akan meningkat pascadeklarasi belum terjadi. Kalau kita berpikir positif, mungkin karena mesin politiknya belum panas dan pemilih butuh waktu untuk antri masuk ke kotak Anies-Muhaimin,” kata Saiful Mujani.

Dia menekankan bahwa survei ini adalah simulasi untuk melihat bagaimana reaksi publik terhadap pasangan Anies-Muhaimin setelah dideklarasikan.

“Tentu saja pasangan Ganjar maupun Prabowo bisa berubah, tetapi setidaknya pasangan Anies-Muhaimin kemungkinan relatif stabil,” kata Saiful.

Saiful Mujani tersebut mengatakan survei ini dilakukan pada 5 September 2023 setelah deklarasi Anies-Muhaimin pada 2 September 2023 dengan melibatkan 1.212 responden.

Menanggapai hasil survei tersebut, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menyebut survei itu janggal karena Anies-Cak Imin diadu dengan bakal capres yang belum memiliki pasangan.

“Anehnya, Anies-Cak Imin yang sudah berpasangan kok dibandingin dan disurvei dengan (bakal) capres yang jomblo. Itu menggiring opini saja,” kata Jazilul kepada wartawan di Jakarta, Jumat, 15 September 2023.

Jazilul mengklaim pasangan Anies-Cak Imin itu bisa terus meningkat elektabilitasnya menjelang digelarnya Pilpres 2024. Dia juga mengklaim tim internal juga memiliki hasil survei yang berbeda dengan SMRC.

Sementara itu Anies Baswedan mengaku tak khawatir dengan hasil survei SMRC yang menempatkan dirinya dengan Muhaimin Iskandar di urutan ketiga elektabilitas paling rendah jelang Pilpres 2024.

“Ya enggak apa-apa, biasa saja,” ujar Anies Baswedan di Jakarta Barat, Jumat (15/9/2023).

Di tempat berbeda, Cak Imin merespons hasil survei SMRC juga dengan santai. Menjurutnya ia tidak perlu berlebihan menaggapi survei seperti itu.

“Saya tidak perlu menanggapi, survei macem-macem ya,” kata Cak Imin kepada awak media di halaman Masjid Al Fathu, Soreang, Bandung, Jumat (15/9/2023).

Cak Imin mengatakan survei tersebut hanya akan dijadikan motivasi untuk bekerja lebih keras ke depannya.

“Silakan proses kita jadikan survei sebagai motivasi dan dorongan untuk bekerja dalam merebut hati rakyat,” lanjutnya. (*)


Eksplorasi konten lain dari Kabar Terdepan

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan komentar