IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Ote-ote Manuk Londo, Makanan Unik di Kota Mojokerto

Avatar of Jurnalis : Muzakki - Editor : Ano
INOVATIF : Nurhayati dengan produk ote-ote manuk londo. (Erix/kabarterdepan.com)
INOVATIF : Nurhayati dengan produk ote-ote manuk londo. (Erix/kabarterdepan.com)

Kota Mojokerto, Kabarterdepan.com – Jika biasanya ote-ote disajikan dengan isian sayur, daging ayam atau udang, namun di Kota Mojokerto ini ada ote-ote yang berisi daging burung puyuh.

Nurhayati (44) warga Gunung Anyar, Gunung Gedangan, Kota Mojokerto cukup sukses melakukan inovasi ote-ote isi daging burung puyuh yang ia namana ote-ote manuk londo.

Responsive Images

Manuk londo merupakan istilah yang dibuat Nurhayati untuk jenis burung puyuh yang dijadikan isi bagian dalam ote-ote. Burung puyuh tersebut merupakan jenis persilangan puyuh prancis dan lokal.

“Saya cari yang berbeda, biasanya orang-orang jualan ote-ote berisikan sayur, daging, ayam, atau udang, itu kan sudah umum. Saya membuat ote-ote yang berisikan burung puyuh. Ya karena saya juga berjualan nasi burung puyuh atau yang dikenal orang-orang nasi malon yaitu nasi manuk londo di Sky Walk Mojopahit alun-alun Kota Mojokerto,” ucap Nurhayati, Jumat (12/01/2024).

Nurhayati sebelumnya selama tiga tahun di Mojokerto sudah menjual nasi malon (manuk londo). Saat ini dirinya membuat inovasi kuliner ote-ote manuk londo. Di tangan Nurhayati, makanan ote-ote manuk londo ini terasa enak dan lezat.

Nurhayati mengklaim hanya dirinya satu-satunya yang memproduksi dan menjual makanan ote ote manuk londo di Kota Mojokerto. inovasi itu tergolong baru dilakukannya, yakni dua bulan. Ia menjual ote ote manuk londo di Rest Area Gunung Gedangan Kota Mojokerto.

“Sementara ini makanan yang saya jual nasi manuk londo dan ote ote manuk londo, di Mojokerto hanya saya,” katanya.

Ote-ote manuk londo
Ote-ote manuk londo

Nurhayati berkenan berbagi cara membuat ote-ote manuk londo yang enak dimakan. Pertama, pemilihan tepung yang berkualitas. Kedua, cara menggorengnya yang tepat.

Cara Memasak Ote-Ote Manuk Londo

Menurut Nurhayati, saat menggoreng ote-ote manuk londo, minyak gorengnya harus benar-benar panas. Kemudian cara mengolah daging burung puyuh diawali dengan diukep, kemudian digoreng.

Saat menggoreng daging manuk londo menggunakan api sedang atau tidak terlalu panas. Ini bertujuan agar tingkat kematangan yang merata.

“Manok londo sebelum digoreng terlebih dahulu diukep. Sesudah dikukus kemudian digoreng sebentar dengan tidak terlalu kering,” tambahnya.

Meski baru berjalan 2 bulan, namun Nurhayati sudah punya cukup banyak pelanggan yang ketagihan ote-ote manuk londo buatannya. Selain menjaul offine di rest area gunung Gedangan, dirinya juga menerima pesanan online melalui whatsapp, lengkap dengan layanan siap antar ke lokasi tujuan.

Ote ote manuk londo itu dijual Rp 5 ribu per satuan. Kini Nurhayati sudah mulai menerima banyak pesanan. Salah satu rahasianya adalah cita rasa dan kualitas makanannya.

“Alhamdulillah sudah mulai banyak peminat atau pembeli makanan ote ote manuk londo buatan saya. Ya mungkin dikarenakan saya mengutamakan cita rasa dan kualitas makanan saya yang saya jual,” imbuhnya.

Nurhayati juga berharap, menu ote ote manuk londo bisa sukses dan banyak dikenal orang seperti nasi manuk londo.
“Kalau dulu hingga sekarang nasi manuk londo banyak peminatnya, nantinya ote-ote manuk londo akan juga banyak peminatnya,” yakinnya.

Kelezatan ote ote manuk londo ini diakui Mutia, perempuan asal Bekasi yang belum lama tinggal di Kota Mojokerto. menurutnya ote-ote Manuk Londo punya cita rasa yang khas dan enak.

“Ya saya baru pertama kali ini menemukan makanan yang unik di Kota Mojokerto yaitu ote ote manuk londo, rasa daging manuk londo-nya sangat kuat,” pungkasnya. (*)


Eksplorasi konten lain dari Kabar Terdepan

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan komentar