IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Mudah dan Murah, Ini 5 Tips Membuat Aquascape Untuk Pemula

Avatar of Jurnalis : Lintang - Editor : Yunan
Ilustrasi membuat aquascape untuk pemula
Ilustrasi membuat aquascape untuk pemula (Pexel)

Mojokerto, KabarTerdepan.com – Tips mudah membuat aquascape untuk pemula dengan budget minimal, tanpa perlu mengeluarkan biaya mahal. Aquascape merupakan seni menghias akuarium dengan menambahkan kayu, tanaman air, bebatuan, ikan hias, dan ornamen lainnya yang dapat mempercantik tampilan akuarium.

Bagi pemula yang tertarik dengan aquascape namun terkendala biaya, tak perlu khawatir. Membuat aquascape untuk pemula bisa dilakukan sendiri di rumah dengan dana yang minim. Jadi, bagi pemula tidak perlu merogoh kocek yang besar.

Responsive Images

Berikut Tips Membuat Aquascape untuk Pemula Dengan Budget Rendah

1. Bersihkan akuarium

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan akuarium agar steril.

2. Letakkan pasir dan pupuk

Langkah kedua yakni memasukkan pasir ke dalam aquarium. Pakailah pasir silica dengan ketebalan 2-3 cm dan buat sekungan di tengahnya. Pada sekungan di tengah tersebut masukkan pasir. Setelah pupuk dimasukkan, tutup kembali dengan pasir agar tidak terlihat genangan.

3. Tambahkan hardscape

Hardscape adalah menambahkan hiasan berupa bebatuan dan kayu. Dekorasikan bebatuan dan kayu dalam posisi yang tertata rapi dan menarik. Sebelum menanam tanaman, masukkan air hingga ketinggian seperempat. Setelahnya baru letakkan tanaman.

Sejumlah jenis tanaman yang bisa dijadikan referensi di antaranya yaitu Spatterdock, Valisneria, Cabomba, Tiger Nymphea Lotus Tenelus atau rumput air, Echinodorus, dan Wendti.

4. Beri peralatan dan air

Tambahkan peralatan berupa pompa, saringan, dan lampu agar ikan dan tanaman dapat tumbuh sehat. Setelah peralatan terpasang sempurna, isilah akuarium dengan air menggunakan selang dan diletakkan pada ujung akuarium. Isi air sampai penuh dengan sedikit menyisakan bagian atas akuarium sekitar 5-10 cm.

5. Masukkan ikan

Walaupun akuarium telah siap dan sudah bisa ditempati dengan ikan, namun idealnya ditunggu kurang lebih 2 minggu. Dengan begitu, kandungan amonia dalam air akan menghilang dan tidak meracuni ikan.

Koleksi ikan membuat aquascape untuk pemula
Koleksi ikan di rumah ikan hias Momongan milik Muria Ningsih

Tempat Jual Aquascape di Mojokerto

Bagi yang ingin membuat aquascape untuk pemula, ada beberapa tempat jual Aquascape di Mojokerto yang bisa dikunjungi, berikut adalah daftar tempat jual akuarium di Mojokerto

1. Aquarium Bhayangkara

Toko Aquarium Bhayangkara sangat peduli dengan kualitas produk yang dijual. Semua ikan yang dijual telah melewati proses perawatan yang baik sehingga para pembeli bisa mendapatkan ikan yang sehat dan berkualitas.

Semua produk peralatan dan aksesori juga dipilih dengan cermat dan hanya memilih produk yang memiliki kualitas terbaik dan tahan lama. Toko Aquarium Bhayangkara juga memiliki tim ahli yang siap memberikan konsultasi dan saran terbaik bagi para penggemar ikan.

Alamat Toko Akuarium di Mojokerto : Jl. Wijaya Kusuma, Mergelo, Sooko, Kec. Sooko, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur 61361.
No Telp: 082233756111.
Buka Toko: Dari hari Senin – Minggu (07.00–21.00).

2. AquaColor Aquascape store

Aqua color Aquascape menjual aneka macam ikan hias mulai dari air tawar maupun air laut. Mulai dari guppy, neon tetra, sampai cupang halfmoon super. Selain itu, AquaColor juga menjual berbagai macam aksesoris dan peralatan lengkap untuk aquarium seperti filter air, pompa air, lampu, dan lain-lain

Alamat Toko: Jl. Mojopahit No.318, Mergelo, Kranggan, Kec. Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, Jawa Timur 61322.
No Telp: 085733339103.
Buka Toko: Dari hari Senin – Minggu (13.00–22.00).

@kabarterdepan

Desa Ketapanrame Mojokerto Dinobatkan sebagai Desa Wisata Terbaik Nasional https://kabarterdepan.com/desa-ketapanrame-mojokerto-dinobatkan-sebagai-desa-wisata-terbaik-nasional/ #kabarterdepan #mojokerto #sandiagauno #wisataalam #menparekraf #ketapanrame

♬ feeling – Official Sound Studio

3. Toko Ikan Hias Hobiku

Toko Ikan Hias Hobiku menyediakan jasa pemasangan dan perawatan akuarium sehingga konsumen tinggal menyerahkan ide akuariumnya dan mereka yang akan membuatkan akuarium untuk kita.

Ikan Hias Hobiku adalah pilihan cocok bagi kamu yang suka koleksi ikan hias dan akuarium. Produk dan pelayanannya yang prima bisa bikin senang dan jadi langganan

Alamat Toko: Jl. Wijaya Kusuma, Gedang Klutuk, Banjaragung, Kec. Puri, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur 61363.
No Telp: 081553629899.
Buka Toko: Dari hari Senin – Minggu (08.00–21.00).

4. Ikan Hias Andi

Ikan Hias Andi adalah toko ikan hias yang mengedepankan kualitas produk dan pelayanannya terbaik, harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau.

Jadi, jika kamu ingin mempercantik rumah dengan aquascape yang indah, jangan ragu untuk mengunjungi Ikan Hias Andi

Alamat Toko: Jl. Galunggung III No.15, Mergelo, Kedundung, Kec. Magersari, Kota Mojokerto, Jawa Timur 61316.
No Telp: 081252973445.
Buka Toko: Dari hari Senin – Minggu (07.00–23.00).

5. Lituhayu AQUARI

Toko Lituhayu Aquari dikenal sebagai salah satu toko akuarium yang menyediakan berbagai jenis ikan hias, tanaman air, dan segala kebutuhan lainnya yang berkaitan dengan akuarium.

Dari ikan Cupang yang cantik dan berani hingga ikan Arwana yang anggun dan megah serta tanaman air yang menawan, seperti tanaman Aquascape, juga dapat ditemukan di Lituhayu AQUARI.

Alamat Toko: Jl. Sawunggaling No.6B, Mergelo, Kedundung, Kec. Magersari, Kota Mojokerto, Jawa Timur 61316.
No Telp: 081330015124.
Buka Toko: Dari hari Senin – Minggu (10.00–21.00).

Itulah sejumlah tips membuat aquascape untuk pemula sekaligus lokasi tempat jual Aquascape di Mojokerto (*)


Eksplorasi konten lain dari Kabar Terdepan

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan komentar