IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

KPU Kota Mojokerto Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Pemilu 2024, Prabowo-Gibran Menang Telak

Avatar of Jurnalis : Erix - Editor : Yunan
Proses rapat pleno rekapitulasi KPU Kota Mojokerto, Senin (26/2/2024). (Erix/kabarterdepan.com)
Proses rapat pleno rekapitulasi KPU Kota Mojokerto, Senin (26/2/2024). (Erix/kabarterdepan.com)

Kota Mojokerto, Kabarterdepan.com – Rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024 tingkat Kota digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mojokerto di Hotel Raden Wijaya. Senin (26/2/2024).

Pasangan Capres dan Cawapres, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menang telak atas dua kontestan lainnya. Prabowo-Gibran meraih suara tertinggi di Kota Mojokerto dengan 90.201 suara. Paslon capres dan cawapres nomor urut 2 unggul dengan perolehan suara 61.133 suara.

Responsive Images

Sementara Capres-Cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mendapatkan 16.292 suara di Kota Mojokerto. Sedangkan pasangan Capres – Cawapres nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar mendapatkan 12.139 suara di Kota Mojokerto.

Ketua KPU Kota Mojokerto Saiful Amin, mengatakan, rapat pleno tersebut merupakan rekapitulasi penghitungan perolehan suara di tingkat Kota. Sebelumnya mulai 16 Februari 2024 sudah dilakukan rekapitulasi di tingkat Kecamatan.

“Dibacakan, direkap, diputuskan. Bila ada keberatan yang tidak terselesaikan di tingkat Kecamatan maka di forum ini saksi-saksi bisa mengutarakan apabila ada keberatan ya kembalinya di C-plano,” ujar Saiful Amin.

Dijelaskannya, langkah selanjutnya sesudah rapat rekapitulasi pleno akan disampaikan ke Provinsi. Tetapi keabsahan tingkat Kota sudah selesai.

“Jika ada keberatan terhadap yang sudah diputuskan di rapat pleno, maka 3 x 24 jam bisa menyampaikan keberatan atau gugatan ke Mahkamah Konstitusi. Tetapi yang perlu diingat gugatan itu baru dilayani ketika membawa bukti-bukti,” kata Saiful.

Saiful Amin menuturkan rekapitulasi suara pemilu 2024 hari ildilakukan menyeluruh dan dibacakan secara berjenjang. Mulai dari Pilpres, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD kota/Kabupaten. (*)


Eksplorasi konten lain dari Kabar Terdepan

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan komentar