IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Kala Prabowo Diterpa Isu Korupsi Pembelian Pesawat Tempur Mirage, Ini Kata TKN

Avatar of Jurnalis : Muzakki - Editor : Ano
Konferensi pers TKN terkait isi korupsi Prabowo pembelian pesawat tempur Mirage, Sabtu (10/2/2024). (X @habiburokhmanJktTimur)
Konferensi pers TKN terkait isi korupsi Prabowo pembelian pesawat tempur Mirage, Sabtu (10/2/2024). (X @habiburokhmanJktTimur)

Jakarta, kabarterdepan.com – Calon Presiden (Capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto diterpa isu dugaan korupsi pembelian pesawat tempur Mirage 2000-5. Pesawat bekas itu dibeli dari Qatar.

Isu tersebut dihenbuskan oleh media asing, Meta Nex melalui artikel berjudul “Indonesia Prabowo Subianto EU Corruption Investigation”, Jumat, (9/2/2024).

Responsive Images

Di dalam artikel itu disebutkan adanya kesepakatan dengan Qatar untuk pembelian 12 jet tempur Mirage bekas senilai US$ 792 juta atau setara sekitar Rp 12,4 triliun, atau dengan harga US$ 66 juta setiap jet.

The Group of States Against Corruption (Greco) atau Komisi Antikorupsi Uni Eropa disebut sedang menyelidiki skandal ini.

Menyikapi isu tersebut, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Rosan Roeslani mengatakan, pihaknya langsung mengecek informasi tersebut yang menyatakan Prabowo Subianto menerima sejumlah uang atas pembelian pesawat Mirage 2000-5.

“Saya cek langsung, baik yang di Washington DC maupun di kedutaan besar Amerika di Indonesia tidak pernah ada permintaan itu sama sekali,” kata Rosan, Sabtu, (10/2/2024).

Hasilnya, Rosan mengatakan pihak Amerika Serikat tidak pernah melakukan atensi khusus terkait hal tersebut. Rosan juga menanyakan langsung kepada The Group of States against Corruption (Greco).

“Tidak pernah ada permintaan dari pihak yang namanya Greco mengenai hal asistensi ataupun meminta kerja sama pemerintah Amerika Serikat dalam rangka hal yang dituduhkan yang namanya pembelian Mirage,” tutur dia.

Rosan kemudian berencana melakukan langkah hukum untuk mengusut pihak yang sengaja menyebarkan berita ini.

Sementara itu Juru Bicara Menteri Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak menyatakan, kabar Prabowo terlibat korupsi pembelian pesawat tempur tersebut merupakan berita bohong atau hoaks. Ia menegaskan hal itu merupakan fitnah kepada Prabowo Subianto.

“Jelas ini adalah hoaks dan fitnah. Pertama, tidak ada pembelian pesawat Mirage. Meski itu direncanakan, namun sudah dibatalkan,” kata Dahnil.

Ia menekankan bahwa tidak ada kontrak efektif di Kementerian Pertahanan karena pembelian tersebut dibatalkan dan tidak akan menjadi opsi kembali lantaran adanya permasalahan fiskal.

“Pak Prabowo sebagai Menhan ingin mencari pesawat yang terbaik, namun tentu tidak mudah. Jadi, terkait dengan Mirage, walaupun ini sudah dibatalkan, tidak menjadi opsi lagi sekarang karena salah satu pertimbangannya adalah kapasitas fiskal,” tutur dia menjelaskan.

Dahnil juga menegaskan, berita tersebut sengaja dibuat untuk menyebarkan fitnah bagi pasangan calon nomor dua tersebut.

“Dari sisi teknis, jelas ini juga sengaja diciptakan oleh orang-orang tertentu untuk menebar fitnah bagi Pak Prabowo dan Mas Gibran terkait dengan pemilihan yang akan dilakukan beberapa hadir ke depan,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan komentar