IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Duduk Perkara TKN Prabowo Ancam Laporkan KPU Bila Berani Tegur Gibran

Avatar of Jurnalis : Muzakki - Editor : Ano
Aksi Gibran dalam debat cawapres perdana. (Kolase kabarterdepan.com)
Aksi Gibran dalam debat cawapres perdana. (Kolase kabarterdepan.com)

Jakarta, Kabarterdepan.com – Tim Kampanye Nasional (TKN) mengancam akan melaporkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) jika berani menegur Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka atas aksinya saat debat cawapres perdana beberapa hari yang lalu.

TKN disebut akan melaporkan KPU ke Badan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) jika masih melakukan itu. Hal itu disampaikan Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Habiburokhman, Sabtu (23/12/2023).

Responsive Images

Menurut Habiburokhman, apa yang dilakukan Gibran itu diperbolehkan karena tak ada aturannya. Itu bagian dari interaksi antara cawapres dengan pendukungnya.

“Saya pikir nggak ada aturannya, kenapa penonton diundang, tentu kan karena diinginkan ada interaksi. Kalau KPU menegur (Gibran) saya akan laporkan KPU ke DKPP,” katanya kepada wartawan.

Habiburokhman juga menyebut aksi Gibran membakar semangat pendukungnya itu bagian dari gimik yang wajar.

“Karena nggak ada urusannya itu. Gimik wajar namanya kontestasi ya kan saling bersemangat, memberikan semangat. Jadi kalau sampai ada teguran, KPU siap-siap saya DKPP-kan,” sambungnya.

Masih kata Habiburokhman, dirinya paham mengenai hukum pemilu. Wakil ketua Gerindra ini juga mengatakan kerap melaporkan komisioner KPU yang bermasalah ke DKPP.

“Ini ahlinya hukum pemilu, Habiburokhman nih sejak 2009, 2014, 2019, 2024 saya banyak sekali mengantarkan komisioner-komisioner KPU bermasalah ke DKPP dan dijatuhi hukuman,” ucapnya.

Sebelumnya KPU disebut akan mengevaluasi terkait aksi bakar semangat yang dilakukan oleh wali kota Solo tersebut saat jeda iklan debat kedua.

“Ya nanti kita ingatkan lagi, kita tegur lagi pada evaluasi hasil debat yang kedua ini,” kata Ketua KPU Hasyim Asy’ari usai debat kedua, di Jakarta Convention Center, Jumat (22/12/2023).

Momen Gibran menyemangati pendukungnya terjadi ketika jeda iklan debat cawapres usai segmen ketiga di Jakarta Convention Center. Awalnya moderator meminta para pendukung untuk beradu yel-yel. Namun Gibran pun lalu menaiki panggung dan terlihat membakar semangat para pendukung. (*)

Tinggalkan komentar