IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Pemberangkatan Logistik Pemilu, Pj Wali Kota Batu Ingatkan Peran Tim Kesehatan

Avatar of Jurnalis : Muzakki - Editor : Ano
Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai, bersama Forkopimda Kota Batu, saat mengunting pita sebagai tanda pemberangkatan Distribusi Logistik Pemilu 2024 dari Kantor KPU Kota Batu. (Yan/kabarterdepan.com)
Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai, bersama Forkopimda Kota Batu, saat mengunting pita sebagai tanda pemberangkatan Distribusi Logistik Pemilu 2024 dari Kantor KPU Kota Batu. (Yan/kabarterdepan.com)

Kota Batu, kabarterdepan.com – Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai, bersama Forkopimda Kota Batu menyaksikan prosesi pemberangkatan Distribusi Logistik Pemilu 2024 dari Kantor KPU Kota Batu di Jalan Sultan Agung ke tiga kecamatan, pada Selasa (13/2/2024).

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai berharap, seluruh tahapan Pemilu di Kota Batu dapat berjalan dengan baik.

Responsive Images

“Termasuk adanya dukungan personil pengamanan, baik dari TNI, Polri, hingga Linmas yang turut serta menjaga dan mengamankan logistik Pemilu. Kita berharap, dengan lancarnya pendistribusian logistik hari ini, pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Legislatif besok berjalan lancar dan tertib,” ujar Aries.

Pada kesempatan itu Pj Wali Kota Batu juga mengaku akan mengoptimalkan peran tim kesehatan dalam mendukung kelancaran Pemilu 2024.

Pihaknya bahkan berjanji, bahwa akan berkoordinasi untuk menyiapkan mobil ambulan dan tim medis yang bisa standby 24 jam selama pelaksanaan Pemilu 2024.

“KPU Provinsi Jawa Timur menyampaikan, agar kita menyiapkan dukungan tim kesehatan selama pelaksanaan Pemilu besok. Kita akan menyiapkan masing-masing Puskesmas semua kendaraan ambulan dan tim medis standby 24 jam, karena waktu yang dibutuhkan dalam perhitungan sangat luar biasa. Saya akan melakukan koordinasi dan pemantauan secara langsung,” ungkap Aries.

Sesuai dengan ketentuan, logistik Pemilu 2024 memang harus didistribusikan pada H-1 pencoblosan ke seluruh PPK Kecamatan dan ke 775 TPS se-Kota Batu.

Sebanyak 12 truk disediakan untuk mengangkut logistik Pemilu tersebut, untuk mendistribusikannya ke empat Daerah Pemilihan (Dapil) di Kecamatan Batu, Bumiaji dan Junrejo.

Logistik Pemilu ini merupakan kunci terwujudnya Pemilu yang berintegritas. Alur logistik juga telah disiapkan secara matang agar tepat jenis, tepat jumlah, tepat kualitas, tepat waktu, tepat sasaran serta efektif dan efisien. Logistik pemilu yang akan dipersiapkan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) itu antara lain berupa surat suara, kotak suara, bilik suara, tinta dan segel.

Turut hadir dalam kegiatan acara ini Kapolres Batu, Kajari Batu, Danramil Batu, Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur, Ketua KPU Kota Batu, dan Ketua Bawaslu Kota Batu.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Batu Heru Joko Purwanto menyatakan, bahwa saat ini pendirian TPS di Kota Batu sudah 100 persen. Hanya beberapa TPS saja yang tinggal menambah kelengkapan meja dan kursi untuk pelaksanaan pencoblosan pada 14 Februari 2024 besok.

Terkait adanya surat suara yang rusak, menurut Heru Joko Purnomo, ada sekitar 240 surat suara yang rusak.

“Rencananya, baik surat suara rusak maupun kelebihan surat suara akan dimusnahkan pada hari ini, dan akan disaksikan langsung oleh Forkopimda dan Bawaslu Kota Batu,” tandas Heru Joko Purnomo.

Untuk diketahui, pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari 2024 di Kota Batu akan diikuti oleh 164.526 pemilih yang tersebar di tiga kecamatan, yaitu 75.536 pemilih di Kecamatan Batu, 48.145 pemilih di Kecamatan Bumiaji dan 40.835 pemilih di Kecamatan Junrejo.

Pemilu kali ini untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi Jawa Timur dan DPRD Kota Batu. (Yan)

Tinggalkan komentar