IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Jokowi Ajak Tiga Capres Makan Siang di Istana, Tanpa Cawapres

Avatar of Jurnalis : Ahmad - Editor : Ano
Jokowi ajak makan siang tiga Capres, Senin (30/10/2023). (Setkap.go.id)
Jokowi ajak makan siang tiga Capres, Senin (30/10/2023). (Setkab.go.id)

Jakarta, Kabarterdepan.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengundang tiga bakal Calon Presiden (Capres) makan siang di Istana Kepresidenan, Senin (30/10/2023) siang. Tidak bakal Calon Wakil Presiden (Cawapres) dalam pertemuan itu.

Hal ini ditegaskan Menko Polhukam Mahfud Md, Senin (30/10/2023).

Responsive Images

“Iya benar capres, bukan cawapres. Cawapres kan kaitannya dengan pak Wapres,” ujarnya.

Mahfud tidak mengungkap tentang apa yang dibahas dalam pertemuan itu. Bahkan dia pun tak diundang dalam acara itu.

Pertemuan itu disebut banyak pihak sebagai wujud sikap netralitas Presiden Jokowi terkait Pilpres 2024. Dalam banyak kesempatan Presiden Jokowi menyebut mendukung semua Capres yang maju dalam kontestasi Pilpres 2024.

Terpisah, Muhaimin Iskandar menyebut pertemuan itu sebagai wujud netralitas Presiden Jokowi. Meskipun salah satu cawapres dari tiga Capres itu merupakan anak Jokowi.

“Makan siang hari ini merupakan komitmen Presiden bahwa beliau akan netral. Islam mengajarkan harus adil meskipun terhadap anaknya,” ujar Cak Imin, sapaan akrabnya.

Ketiga pasangan Capres itu sebelumnya telah melakukan pendafataran ke KPU dan berkasnya dinyatakan lengkap. Bahkan ketua KPU Hasyim Asy’ari mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dinyatakan lolos tes kesehatan.

“Hasil pemeriksaan tes kesehatan, ketiga pasangan capres-cawapres mampu untuk menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden. Kedua, dinyatakan bebas dari penyalahgunaan narkoba,” katanya, di Gedung KPU, Jakarta beberapa waktu lalu. (*)


Eksplorasi konten lain dari Kabar Terdepan

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan komentar