IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Viral Patung Bung Karno di Banyuasin Tak Mirip, Warganet Marah

Avatar of Jurnalis : Erix - Editor : Yunan
Pembangunan patung Bung Karno di Banyuasin yang tak mirip. (Tangkaoan layar X @misstweet)
Pembangunan patung Bung Karno di Banyuasin yang tak mirip. (Tangkaoan layar X @misstweet)

Banyuasin, KabarTerdepan.com – warganet dibuat marah dengan pembangunan patung Bung Karno di Banyuasin yang tidak mirip dengan Presiden Soekarno. Terlebih ada yang menyebut patung itu dibangun dengan menghabiskan uang rakyat sebesar Rp 16 miliar.

Dilansir kabarterdepan.com dari akun @misstweet di aplikasi X yang dulu dikenal dengan twitter, dalam unggahannya Kamis (21/9/2023) menampilkan video patung Bung Karno yang tak mirip dengan wajah Presiden Soekarno.

Responsive Images

“Habiskan uang Rp 16 M uang rakyat Patung Bung Karno di Banyuasin tak Mirip Soekarno. Terus mau dibongkar? Mau pakai duit rakyat yang mana lagi? Indahnya NKRI harga mati kalah dah masalah duit ada aja akal-akalannya,” tulisnya akun @misstweet.

Postingan itu telah ditayangkan lebih dari 241 ribu, 872 posting ulang, 2.072 suka dan ratusan komentar. Rata-rata warganet marah dengan nilai pembuatan patung yang fantastis, serta hasilnya yang tidak mirip.

”Dimana-mana yang Namanya berhala gak membawa manfaat, kalau membawa mudarat sudah pasti,” tulis akun @mali***.

“Bung Karno ganteng kenapa jadi jelek begini,” tulis akun @quenprom***.

“Soekarnois marah melihat patung ini,” tulis akun @adhityawip***.

Patung Presiden pertama RI, Ir Soekarno tersebut dibangun di Kabupaten Banyusin, Sumatera Selatan (Sumsel). Namun bukannya Rp 16 miliar, patung itu disebut menghabiskan anggaran Rp 500 juta.

Patung Bung Karno ini masih dalam tahap pembangunan di kawasan Bung Karno Sport Center di Jalan Lintas Kecamatan Banyuasin III, Banyuasin, Sumsel. Dilansir dari data LPSE terkait pengerjaan Tugu Bung Karno ini, pembangunan merk, patung Bung Karno dan aksesorisnya melalui lelang. Dari lelang ini, dimenangkan CV Wedari Elnita.

Wajah patung Bung Karno itu dikritik tidak mirip, namun belum selesai dibangun. Warga bahkan menyoroti, wajah patuh Bung Karno yang dibangun sangat tembam atau gemuk di bagian pipi. Bahkan baju yang dikenakan patung itu juga terlihat besar sehingga tubuh Bung Karno menjadi lebih gemuk.

“Saya sudah melihat sekali saat lewat di jalan lintas, bentuk patungnya lucu. Beda dengan patung-patung Pak Karno yang sudah ada, bisa bandingkan dengan yang ada di internet. Jauh sekali perbedaannya, apalagi kepala Presiden pertama ini terlihat kecil dari badannya,” ujar Nando warga Kecamatan Banyuasin III yang ditemui saat melintas, Selasa (19/9/2023).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Kabupaten Banyuasin Ardi Arpani mengatakan, pihaknya sudah mengecek langsung ke lokasi terkait pembangunan tugu Bung Karno di Bung Karno Sport Center Banyuasin.

Ketika disinggung mengenai tidak miripnya patung Bung Karno yang saat ini sedang dibangun, menurut Ardi Arpani pihaknya terus melakukan pengecekan agar pembuatan Tugu Bung Karno tidak melenceng dari gambar.

“Saya sudah bertanya, kalau kata pekerjanya ini belum selesai jadi belum terlihat. Nanti, dilihat saja apakah sesuai dengan gambar yang diberikan atau tidak. Kalau tidak sesuai, pasti kami minta bongkar dan dibuat baru,” ungkapnya. (*)


Eksplorasi konten lain dari Kabar Terdepan

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan komentar