IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Pj Wali Kota Batu Resmikan Kampung Sakura, Berharap Dongkrak Perekonomian Warga

Pj Wali Kota Batu meresmikan wisata Kampung Sakura, Minggu (22/1/2024). (Yan/kabarterdepan.com)
Pj Wali Kota Batu meresmikan wisata Kampung Sakura, Minggu (22/1/2024). (Yan/kabarterdepan.com)

Kota Batu, kabarterdepan.com – Kota Wisata Batu punya destinasi wisata baru, namanya Kampung Sakura yang berlokasi di RT 05, RW 11, Desa Wisata Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Kampung Sakura diresmikan langsung oleh Pj. Wali Kota Batu Aries Agung Paewai, pada Minggu (21/1/2024).

Responsive Images

Destinasi wisata baru ini merupakan buah dari hasil kerja keras Pemerintah Desa Sidomulyo, dengan bersama masyarakat Sidomulyo.

Kehadiran Kampung Sakura ini, praktis menambah daftar wisata tematik di Kota Batu. Memasuki area Kampung Sakura, para wisatawan yang berkunjung akan merasa seperti di Jepang, apalagi di sepanjang jalan desa disuguhkan banyak ornamen bunga sakura yang cantik.

Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai memberikan apresiasi dengan diresmikannya Kampung Sakura ini, sekaligus berharap dapat menjadi tujuan wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu.

“Keberadaan kampung tematik seperti ini bisa lebih mengangkat potensi yang ada di setiap desa. Saya bangga dengan adanya Kampung Sakura ini, Kota Batu ini desa tematiknya terbanyak di Jawa Timur. Saya harap tematiknya lebih dipertajam, sehingga dapat menjadi jujugan para wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu,” kata Pj Wali Kota Batu Aries.

Dalam kesempatan tersebut, Vice Bidang Informasi Pendidikan dan Kebudayaan Konsulat Jenderal Jepang Nakagome Kota, mengaku senang dengan adanya Kampung Sakura yang ada Desa Sidomulyo.

“Karena disini ada Pohon Sakura yang menjadi simbol kebersamaan. Kampung Sakura ini bisa menjadi tempat berkumpul masyarakat untuk membangun ikatan yang kuat, dan semoga semakin banyak orang Jepang yang datang ke Kota Batu,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Pemkot Batu, Aries As Siddiq juga mengapresiasi sekaligus mendukung dengan keberadaan kampung Sakura.

“Ya, tentunya kami nanti akan mempromosikan Kampung Sakura ini agar lebih dikenal luas baik kancah nasional maupun internasional. Nantinya, kami juga akan menggelar even wisata di tempat ini, agar dapat dikunjungi para wisatawan, sehingga secara otomatis dapat mendongkrak perekonomian bagi warga sekitar,” ucap Arief As Siddiq.

Sementara itu, Kepala Desa Sidomulyo, Suharto, mengaku bangga dan mendukung dengan keberadaan Kampung Sakura yang ada di Desa Sidomulyo.

“Kami atas nama Pemdes Sidomulyo dan warga masyarakat Desa Sidomulyo tentunya merasa bangga, karena nantinya dapat menambah destinasi wisata yang ada di Kota Batu. Dengan hadirnya Kampung Sakura ini, warga masyarakat setempat dapat bertambah penghasilannya, UMKM juga dapat terangkat dan diberdayakan, sehingga dengan adanya kampung Sakura ini perekonomian warga masyarakat dapat bertambah,” tandasnya.

Sejumlah spot rumah Jepang juga turut didirikan dengan pohon sakura dan tatanan taman sedemikian rupa, itu untuk menambah kental suasana Negeri Sakura.

Para wisatawan yang berkunjung juga bisa menyewa baju dan pernak-pernik Jepang seperti payung, kipas, hingga baju kimono, dengan tarif mulai dari 10 ribu rupiah. (Yan)

Tinggalkan komentar