IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Dam Sungai di Mojokerto Tersumbat Pohon Tumbang Diameter 50 cm, Butuh 3 Jam Evakuasi

Avatar of Andy Yuwono
Evakuasi batang pohon besar yang menyumbat sungai di Mojokerto, Sabtu (2/3/2024). (Redaksi/kabarterdepan.com)
Evakuasi batang pohon besar yang menyumbat sungai di Mojokerto, Sabtu (2/3/2024). (Redaksi/kabarterdepan.com)

Kabupaten Mojokerto, kabarterdepan.com – Puluhan personel gabungan yang terdiri BPBD, Relawan dan warga di Dusun Genengan, Desa Banjaragung Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto kerja bakti membersihkan aliran DAM Sungai Subiantoro yang tertutupi oleh kayu pohon, Sabtu (2/3/2024) pagi.

Dam tersebut sempat tertutup oleh batang pohon yang tumbang dengan diameter 50 cm. Kerja bakti dan proses evakuasi pohon tumbang tersebut berlangsung sekitar 3 jam, sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB.

Responsive Images

Abdul Khakim, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Mojokerto, saat dikonfirmasi melalui pesan singkat Whatsapp mengatakan, awalnya di wilayah Mojokerto diguyur hujan dengan intensitas lebat, sehingga mengakibatkan batang pohon berdiameter 50 centimeter itu terbawa arus.

“Sehingga menyumbat DAM Subiantoro yang berlokasi Di Dusun Genengan Desa Banjaragung,” ungkapnya, Sabtu (2/3/2024).

Khakim menambahkan, agar tak sampai terjadi hal yang tidak di inginkan, pihaknya bersama Relawan dan didampingi perangkat Desa setempat serta warga sekitar bahu-membahu mengevakuasi batang pohon yang berada di area DAM tersebut.

“Kami melakukan gotong royong dan kerja bakti untuk pembersihan batang pohon yang menyangkut,” tambahnya.

Warga pun bersama personil gabungan itu pun antusias bahu membahu melakukan pemotongan dengan cara di gergaji mesin lalu diangkat ke daratan.

“Pada pukul 11.10 WIB, batang pohon tersebut telah berhasil di evakuasi, sehingga arus air kembali lancar,” tutup Khakim.

Selanjutnya, agar tak sampai tersangkut kembali, ranting pohon yang telah terpotong itu diangkut menggunakan kendaraan pikap dan dibuang ke area Tempat Pembuangan Akhir (TPA). (*)


Eksplorasi konten lain dari Kabar Terdepan

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan komentar