IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Bupati Mojokerto Resmikan Pendopo dan TPS 3R Desa Mlirip

Avatar of Jurnalis : Lintang - Editor : Yunan
WhatsApp Image 2024 02 26 at 10.27.40 AM
Peresmian pendopo Graha Wasesa dan TPS 3R (Kominfo Kab Mojokerto)

Kabupaten Mojokerto, Kabarterdepan.com – Warga Desa Mlirip, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto mengadakan kegiatan ruwat desa sekaligus peresmian pendopo dan Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS 3R), Sabtu (24/2/2024) pagi.

Peresmian pendopo Graha Wasesa dan TPS 3R itu ditandai dengan prosesi pemotongan pita yang dilakukan oleh Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati didampingi Kepala Desa Mlirip.

Responsive Images

Dalam prosesi ruwat desa tersebut, diketahui air dadi 7 dusun di Desa Mlirip berkumpul menjadi satu dan dituangkan dituangkan di sebuah wadah yang kemudian air tersebut dibagikan kepada seluruh perangkat dusun maupun desa yang ada di Desa Mlirip.

Hal ini diartikan sebagai bentuk penyerahan tanggung jawab kepada setiap kepala dusun dan desa untuk kesejahteraan masyarakat Desa Mlirip.

“Saya menuangkan air yang sudah dicampur tadi sebagai suatu bentuk tanggung jawab yang diserahkan kembali kepada masing-masing kepala, di tangan anda air ini adalah tanda dari kesejahteraan masyarakat,” ucap Ikfina.

Bupati Ikfina juga berharap dari adanya ruwat desa tersebut, dapat memberikan keberkahan dan perlindungan untuk masyarakat Desa Mlirip dari berbagai hal yang tidak baik.

“Kita melakukan ruwat, ruwat Desa Mlirip. Satu kita memohon ampun kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang telah dilakukan karena kekhilafan sebagai manusia biasa.

Orang nomor satu di lingkup Pemkab Mojokerto itu juga mengajak warga untuk memohon ampun memanjatkan doa kepada Allah SWT agar selalu diberikan perlindungan dan dilindungi dari berbagai hal yang tidak baik.

“Kita hidup dari nikmat Allah SWT, jangan sampai kita kufur. Berikutnya semoga kita melindungi hati kita, supaya hati kita diberikan keberkahan supaya bisa mendengar,” ucapnya.

Usai meresmikan TPS 3R, bupati perempuan pertama di Kabupaten Mojokerto ini juga mengharapkan agar masyarakat Desa Mlirip untuk tetap bijak dalam memilah sampah.

“Maka minta tolong warga ini harus kerja sama bagaimana memilah sampah dari rumah sehingga nanti saat sudah dipilah, yang kering nanti supaya bisa dirupakan uang, dan yang basah harus segera diproses, tidak boleh menumpuk sampah basah karena akan menimbulkan kebusukan dan menimbulkan masalah baru lagi,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut diketahui turut dihadiri oleh Kepala DPMD Kabupaten Mojokerto, Kepala Bagian Admistrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Mojokerto, Camat Jetis dan Forkopimca Jetis, Kepala Desa Mlirip beserta Ibu Ketua Tim Penggerak PKK, Perangkat Desa Mlirip, Kepala Desa se-Kecamatan Jetis, Ketua BPD Mlirip, Ketua LPM, beserta guru-guru SDN Mlirip 1. (*)


Eksplorasi konten lain dari Kabar Terdepan

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Responsive Images

Tinggalkan komentar