IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Disebut Mengkhianati dan Kudeta Gus Dur, Cak Imin : Ini Behind The Scene yang Sesungguhnya

Avatar of Jurnalis : Erix - Editor : Ahmad
kudeta Gus Dur
Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar mengklarifikasi tudingan khianati dan kudeta Gus Dur, Senin (4/9/2023) (Tangkapan layar YouTube Najwa Shihab)

Jakarta, KabarTerdepan.com – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin memberikan penjelasan soal tudingan mengkhianati dan kudeta Gus Dur, pendiri PKB. Cak Imin mengatakan isu itu selalu diembuskan setiap menjelang pemilu.

Dilansir kabarterdepan.com dari program Mata Najwa dalam kanal YouTube Najwa Shihab, Cak Imin menolak tudingan itu. Ia malah mengaku sebagai orang yang dikudeta oleh orang-orang di balik Gus Dur.

Responsive Images

“Tuduhan saya berkhianat itu sama sekali tidak beralasan. Yang benar adalah saya dikudeta oleh orang-orang yang kemudian Gus Dur memberhentikan saya. Bahkan saya dengan ikhlas berhenti dari ketua umum,” ujarnya saat ditanya Najwa Shihab, Senin (4/9/2023).

Cak Imin menjelaskan, sejak diberhentikan Gus Dur, dirinya menerima dan hampir 1 tahun tidak aktif.

Setelah itu kepemimpinan diambil alih oleh Ali Masykur Musa sebagai Wakil Ketua Umum PKB dan Yenny Wahid, Putri Gus Dur sebagai Sekjen PKB. Keduanya memimpin PKB kurang lebih sekitar 1 tahun.

Dalam proses kepemimpinan Ali Masykur dan Mbak Yenny saat mendaftar di KPU disebut tidak sah karena tidak ada tanda tangan Cak Imin yang saat itu masih tercatat di KPU sebagai ketua Umum PKB.

Beberapa cara dicoba namun tetap gagal tidak bisa mendaftar sebagai peserta pemilu di KPU. “Pernah dicoba tapi gagal, begitu gagal ya udah kita cari jalan. Satu-satunya jalan adalah pengangkatan Yenny sebagai Sekjen itu tidak sah karena Yenny diangkat bukan muktamar, Yenny diangkat di tengah jalan, nah pergantian itulah berkonsekwensi agak ribet,” ujar Cak Imin.

Menurut Cak Imin, hiruk pikuk yang terjadi nyaris membuat PKB tidak bisa ikut pemilu. “Akhirnya kita cari jalan pengangkatan Yenny sebagai sekjen tidak sah memang. Dari situlah penggantian sekjen Yenny kembali ke sekjen asal yakni Lukman Edi. Di situ KPU menerima,” terang Cak Imin.

Cak Imin kudeta Gus Dur..??

kudeta gus dur
Cak Imin, bacawapres yang hari ini dipanggil ke KPK (instagram @cakiminow)

Tidak selesai di situ, Cak Imin menyebut pernah dipanggil menghadap Gus Dur. Menurut Cak Imin, ia diminta mengundurkan diri dari ketua Umum PKB. Cak Imin bersedia dan membubuhkan tanda tangan pengunduran diri ke dalam draft kertas yang sudah disiapkan. Kertas pengunduran diri itu selanjutnya diserahkannya langsung kepada Gus Dur.

“Saya kasih (surat pengunduran diri) kepada Gus Dur. Apa yang terjadi luar biasa. Gus Dur berkata “Surat saya Terima Min, tapi tolong kamu sendiri yang simpen, nanti kamu keluarkan kalau benar-benar saya membutuhkan”. Sampai hari ini tidak pernah diminta Gus Dur surat itu. Ini behind the scene (kisah di belakang layar) yang sesungguhnya,” terang Cak Imin.

Cak Imin menegaskan surat itu masih ada dan ia simpan. Ada beberapa orang saksi yang mengetahui perihal surat tersebut.

“Ada sampai sekarang, dan itu jimat yang tidak boleh, ada saksi-saksinya juga,” pungkas Cak Imin. (*)


Eksplorasi konten lain dari Kabar Terdepan

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan komentar