IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Wagub Emil Apresiasi Dedikasi Guru PAUD Terhadap Pembentukan Karakter Generasi Bangsa

Avatar of Jurnalis : Ano - Editor : Muzakki
IMG 20230915 WA0034
Wagub Emil menghadiri Puncak Peringatan HUT ke-18 Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) di Alun-alun Kota Blitar, Jumat (15/9/2023). (Humas Pemprov Jatim)

Kota Blitar, KabarTerdepan.com – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyampaikan apresiasinya atas dedikasi guru PUD dalam mendidik anak usia dini. PAUD berperan penting terhadap tumbuh kembang karakter seorang anak.

“Anak-anak usia 0-5 tahun merupakan golden age. Masa inilah yang menentukan bagaimana karakter seorang anak hingga kelak ia dewasa. Oleh karena itu, PAUD sangat penting perannya,” katanya.

Responsive Images

Hal ini disampaikan Wagub Emil menghadiri Puncak Peringatan HUT ke-18 Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) yang digelar di Alun-alun Kota Blitar, Jumat (15/9/2023).

“Jadi di tangan para pendidik PAUD inilah bagaimana karakter generasi masa depan bangsa dibentuk,” imbuhnya.

Wagub Emil juga menyampaikan bahwa dunia pendidikan saat ini menghadapi tantangan besar dari perkembangan teknologi artificial intelligence yang pesat. Perkembangan ini kelak akan memungkinkan hilangnya beberapa profesi atau pekerjaan yang saat ini masih dilakukan secara manual.

“Untuk itu, PR kita saat ini ialah bagaimana mencetak generasi penerus yang lebih cerdas, lebih intelektual, lebih kreatif, dan lebih mampu berkolaborasi. Dan itu semua harus dimulai sedini mungkin,” jelasnya.

Di sisi lain, Wagub Emil menegaskan Pemerintah Provinsi Jawa Timur berkomitmen untuk terus mendukung dan berkolaborasi dengan Himpaudi dalam memajukan pendidikan anak usia dini.

Pemprov Jatim akan terus berupaya untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif, menyediakan fasilitas yang memadai, serta memperkuat regulasi yang mendukung perkembangan pendidikan anak usia dini.

“Kami menyadari mungkin hingga saat ini masih ada kendala-kendala. Namun, kami semua berada di belakang panjenengan semua untuk memberikan dukungan penuh,” tegasnya.

Salah satu hal yang menjadi perhatian Wagub Emil ialah terkait kesejahteraan tenaga pendidik PAUD. Meski dari pemerintah sudah ada Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) PAUD, namun Wagub Emil tetap berupaya agar hadirnya negara untuk PAUD bisa lebih besar.

Meski demikian, Wagub Emil tetap optimis dengan kultur gotong royong masyarakat Indonesia, keberadaan PAUD terutama di desa-desa bisa terselenggara dengan baik. Sehingga tercipta kelembagaan PAUD yang kuat, guru yang hebat untuk mewujudkan generasi emas, cerdas, dan berkarakter selaras dengan tema HUT ke 18 Himpaudi.

“Selamat ulang tahun ke 18 untuk Himpaudi. Mari kita memiliki perspektif yang positif dan bersama-sama berjuang untuk masa depan bangsa yang lebih baik,” pungkasnya.

Dalam acara tersebut nampak hadir pula Walikota Blitar H. Santoso, Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah, Ketua PW Himpaudi Prov. Jatim Imam Mahmud, serta jajaran Forkopimda Kota Blitar.(*)


Eksplorasi konten lain dari Kabar Terdepan

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan komentar