IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Wow! Kota Mojokerto Berhasil Raih Nilai Tertinggi Evaluasi Smart City

c9d64e59dd016d8dcfdcafec6a7e0892 scaled
Pj. Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro meninjau Layanan program Siti Pinter bisa diakses dengan datang ke Telecenter Palapa di MPP Gajah Mada lantai dua (Diskominfo Kota Mojokerto)

Kota Mojokerto, Kabarterdepan.com – Kota Mojokerto berhasil meraih nilai tertinggi indeks Hasil Evaluasi Smart City Tahap II Tahun 2023 di antara 50 kota kabupaten yang mengikuti pendampingan di periode tahun 2022, yakni dengan nilai final 3,58.

Dalam gerakan menuju Smart City, setiap kota/kabupaten diharapkan mengembangkan berbagai inovasi dengan menghadirkan tata kelola berbasis digital yang serba cepat, transparan, akuntabel, efektif, dan efisien.

Responsive Images

Dalam mengimplementasikan Smart City, Pemkot Mojokerto menyediakan 280 titik Wi-Fi gratis yang tersebar di berbagai lokasi. Diantaranya kantor pemerintahan, setiap balai RT/RW, dan fasilitas umum lainnya.

“Mengingat akses internet merupakan gerbang pertama dalam digitalisasi. Namun, akses internet gratis tersebut juga harus diimbangi dengan skill literasi digital. Untuk itu, Pemkot juga punya program Siti Pinter, Sinau Teknologi Informasi Programe Telecenter,” ungkap Pj Wali Kota Mojokerto Ali Kuncoro, Jumat (5/1/2024).

Dijelaskan oleh Ali Kuncoro, layanan program Siti Pinter bisa diakses dengan datang ke Telecenter Palapa di MPP Gajah Mada lantai dua. Di sana masyarakat bisa belajar pemanfaatan basic internet, blog, desain grafis, video editing, hingga pembuatan toko online.

Selain itu, lanjut Ali Kuncoro, ada Telecenter Mobile, di mana pengajar di Telecenter datang langsung ke lingkungan warga dan sekolah-sekolah.

Sosok yang akrab disapa Mas Pj Wali ini juga menambahkan, pihaknya memanfaatkan sistem teknologi informasi dan komunikasi sebagai upaya dalam memperbaiki tata kelola pemerintahan dan peningkatan dalam pelayanan publik di berbagai bidang.

Di tahun 2023, imbuh Kepala Dispora Provinsi Jawa timur, tercatat ada 176 inovasi, sebanyak 109 berupa inovasi aplikasi digital.

Selain tata kelola pemerintahan dan masyarakat yang kian dekat dengan digitalisasi, tatanan Kota Cerdas juga memperhatikan penataan lingkungan hidup dan infrastruktur yang mendukung terciptanya lingkungan yang sehat, aman, serta meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu, pihaknya juga merevitalisasi Gelora A Yani, trotoar, dan menambah sejumlah ruang terbuka hijau.

“Setelah revitalisasi, bisa dilihat setiap hari makin banyak orang datang untuk lari di Gelora Ayani. Kita juga akan menyediakan fasilitas lapangan basket dan voli. Lifestyle masyarakat juga berubah, kesadaran untuk hidup sehat mulai meningkat. Nah disinilah pemkot hadir,” terang Mas Pj.

Usaha meningkatkan derajat kesehatan warga Kota Mojokerto ini nyatanya telah terbukti. Berdasarkan data BPS, Angka Harapan Hidup Kota Mojokerto terus mengalami kenaikan. Dari 73,73 tahun di 2022, menjadi 74,10 tahun di 2023.

Namun, di tengah agenda transformasi digital yang terus berlangsung, pembangunan yang digagas Pemkot Mojokerto juga berlandaskan pada semangat pelestarian budaya lokal.

Hal ini tampak pada beragam infrastruktur, seperti bangunan, jalan, jembatan, dan sarana penerangan, yang dipercantik dengan ornamen khas Kerajaan Majapahit. (*)

Responsive Images

Tinggalkan komentar