IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Tim Monitoring TP PKK Sumut Kunjungi Desa di Madina, Ini Sarannya

Avatar of Redaksi
Tim Monitoring TP PKK Sumut saat berkunjung ke Desa Hutapuli, Siabu, Madina, Kamis (20/6/2024). (Suhartono/kabarterdepan.com)
Tim Monitoring TP PKK Sumut saat berkunjung ke Desa Hutapuli, Siabu, Madina, Kamis (20/6/2024). (Suhartono/kabarterdepan.com)

Mandailing Natal, kabarterdepan.com – Tim Monitoring TP PKK Sumatera Utara (Sumut) mengunjungi Desa Hutapuli di Kecamatan Siabu, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dalam rangka penilaian lomba “Aku Hatinya PKK”, Kamis (20/6/2024).

Kunjungan monitoring itu disambut oleh Camat Siabu Sudrajat Putra Batu Bara. Turut hadir Bupati Mandailing Natal (Madina)yang di wakilkan staf Ahli pemerintahan dan hukum Daud Batu-Bara, Kepala Dinas Pertanian Sihar,ketua Pokja 3 TP-PKK Madina, Forkopimca Plus Kecamatan Siabu.

Responsive Images

Camat Siabu Sudrajat Putra Batu Bara mengucapkan selamat datang kepada rombongan tim Monitoring TP PKK Sumut sekaligus meminta arahan terkait pemberdayaan TP PKK Kecamatan Siabu.

“Kami sudah berupaya semaksimal mungkin untuk memberdayakan kegiatan PKK di Desa Ini, Kami bukan berharap yang terbaik, Namun kami berupaya semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil yang terbaik,” ucap sudrajat.

Sementara itu Ketua tim Evaluasi Monitoring TP-PKK Sumut Ropika Lubis saat wawancara dengan wartawan usai peninjauan lapangan mengatakan, potensi daerah di Desa Hutapuli dengan melihat iklim sangat bagus untuk di tanam tanaman lokal, seperti Genjer dan Semangge untuk dikembangkan. Tanaman tersebut dapat ditanam dengan memanfaatkan lahan kosong di rumah

“Untuk jenis sayuran semangge di pasar panyabungan itu sangat lumayan, Rp 5.000 untuk satu ikat kecil (Setembok), otomatis ini bisa menyejahterakan keluarga yang memanfaatkan lahan kosong di rumah,” ungkapnya.

“Ini bisa di tampung di Dana Desa dalam pengembangan lahan kosong bagi keluarga. Untuk kesejahteraan Keluarga itu sendiri,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua bidang III PKK Madina, Ny Linda Saripuddin Nasution dalam kesempatan tersebut membacakan sambutan tertulis ketua TP PKK Madina yang berhalangan hadir.

Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Camat Siabu dan Tim Penggerak PKK Kecamatan Siabu atas dorongannya kepada Desa ini, sehingga pada hari ini tiba waktunya penilaian dari tim monitoring PKK Provinsi Sumatera Utara.

“Mudah-mudahan desa ini mendapatkan juara nantinya,” terangnya.

Di tempat yang sama, Staf Ahli Bidang Hukum dan Pemerintahan, M Daud Batubara yang juga mengharapkan desa Hutapuli dapat meraih juara nantinya dalam perlombaan “Aku Hatinya PKK” tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Namun ada hal yang paling utama dan terpenting yang dianggap lebih utama dari sekadar Juara, tetapi membantu keluarga itu lebih baik.

“Ada beberapa tabulapot (Tanaman bumbu dalam pot) dan tabulakar (tanaman bumbu dalam batok kelapa), kearipan lokal yang harus di bangkitkan kembali. Dahulu masyarakat kita sudah menanam tanaman bumbu dalam pot,” pungkasnya. (Suhartono)


Eksplorasi konten lain dari Kabar Terdepan

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan komentar