IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Terminal Purabaya Tergenang Air, Calon Penumpang Terganggu

Avatar of Jurnalis : Setyawan - Editor : Yunan
IMG 20240206 WA0041
Seorang pengendara sepeda motor melintas di area kedatangan bus di Terminal Purabaya, Bungurasih, Sidoarjo, Selasa (6/2/2024). (Eko Setyawan/Kabarterdepan.com)

Sidoarjo, Kabarterdepan.com – Sejumlah kawasan di Sidoarjo tergenang air, Selasa (6/2/2024). Itu, setelah sejumlah wilayah Sidoarjo diguyur hujan dengan intensitas tinggi.

Salah satu kawasan yang terendam air cukup parah adalah Terminal Purabaya atau Bungurasih, Sidoarjo. Air merendam hampir ke seluruh area terminal. Mulai dari pintu masuk, penurunan penumpang bus, area parkir, maupun tempat keberangkatan. Akibatnya, mengganggu aktifitas keluar masuknya kendaraan awak bus dan calon penumpang.

Responsive Images

Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Tipe A Purabaya Ahmad Badik menyampaikan mohon maaf kepada masyarakat pengunjung terhadap adanya genangan air tersebut.

“Genangan air terpantau di beberapa area terminal, mulai dini hari. Apalagi, ditambah hari Senin (5/2/2024) terjadi hujan lebat dari siang hingga malam,” ucapnya, Selasa, (6/2/2024).

Intensitas hujan yang tinggi tak hanya berdampak pada area terminal yang tergenang air. Bahkan hujan yang disertai angin kencang juga merobohkan pohon yang berada di dekat lokasi pintu masuk terminal. Akses masuk bus pun sempat terganggu.

Badik mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo. Pembersihan terhadap selokan dan lain-lain juga dilakukan.

“Debit air yang ada di sungai sekitar cukup tinggi. Jadi, empat pintu air yang disiapkan, saat ini sementara ditutup, untuk mencegah air yang masuk semakin banyak. Meskipun kalau ditutup akan sedikit menghambat genangan air surut dengan cepat,” terangnya.

Ia menambahkan, upaya untuk mengurangi genangan air terus dilakukan, dengan berbagai cara. Misalnya, dilakukan pemompaan terhadap genangan air kawasan terminal.

“Meski saat ini kembali hujan, kami akan tetap mengupayakan, baik dalam kondisi darurat maupun kondisi apapun,” tandasnya. (*)

Tinggalkan komentar