IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Survei Median : Anies-Cak Imin Naik, Ganjar-Mahfud Terjun Bebas

Avatar of Jurnalis : Muzakki - Editor : Ano
3 capres RI peserta Pilpres 2024. (Kolase Kabarterdepan.com)
3 capres RI peserta Pilpres 2024. (Kolase Kabarterdepan.com)

Jakarta, Kabarterdepan.com – Elektabilitas ketiga Capres-Cawaspres peserta pilres 2024 terus mengalami perubahan yang dinamis.

Terbaru, hasil survei Median menempatkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menempati posisi teratas dengan peningkatan yang cukup drastis dibanding satu bulan sebelumnya.

Responsive Images

Kenaikan elektabilitas juga dialami pasangan calon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin yang menempati posisi kedua. Sementara elektabilitas Ganjar Pranowo-Mahfud Md mengalami terjun bebas di posisi ketiga.

Survei Median tersebut dilakukan pada 23 Desember 2023-1 Januari 2024 dengan responden sebanyak 1.500 orang dari berbagai wilayah. Margin of error survei ini diklaim sebesar kurang lebih 2,53 persen, dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Menurut peneliti senior Median, Ade Irfan Abdurrahman, di bulan November, tren elektabilitas Prabowo-Gibran berada di angka 37 persen. Namun pada bulan desember 2023 angka elektabilitas Prabowo-Gibran meningkat menjadi 43,1 persen.

Sementara capres-cawapres nomor urut 1, Anies-Cak Imin pada bulan November 2023 berada di posisi ketiga dengan elektabilitas 25,4 persen. Namun angkanya meningkat menjadi 26,8 persen pada survei bulan Desember.

“Kenaikan elektabilitas Anies-Muhaimin hanya mencapai angka 1,4 persen. Sedangkan kenaikan Prabowo-Gibran mencapai 6,1 persen,” ujar Ade dalam konferensi pers, Senin (8/1/2024).

Sementara untuk capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md mengalami penurunan drastis. Pada survei Median bulan November 2023, elektabilitas Ganjar-Mahfud sebesar 26,7 persen. Sementara itu, pada survei bulan Desember terjun bebas turun ke 20,1 persen.

“Yang turun drastis itu memang Ganjar dari 26,7 persen menjadi 20,1 persen,” jelas Ade.

Ade menyebut banyak suara pemilih Ganjar-Mahfud yang berpotensi berpindah ke capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo-Gibran.

“Sebetulnya gini, misalnya Amin (Anies-Cak Imin) di bulan November 25,4 sekarang naik, hanya naiknya sekitar satu persenan gitu ya, ke 26,8. Yang naik siginifikan itu Prabowo dari 37 ke 43,1 (persen). Sementara Ganjar Pranowo turun dari 26,7 ke 20,1 persen,” pungkas Ade. (*)


Eksplorasi konten lain dari Kabar Terdepan

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan komentar