IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Survei CSIS : Elektabilitas Anies-Cak Imin Ungguli Ganjar-Mahfud

Avatar of Jurnalis : Muzakki - Editor : Ano
3 capres RI peserta Pilpres 2024. (Kolase Kabarterdepan.com)
3 capres RI peserta Pilpres 2024. (Kolase Kabarterdepan.com)

Jakarta, kabarterdepan.com – Lembaga survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) merilis hasil survei elektabilitas Capres-cawapres peserta Pilpres 2024.

Survei tersebut dilakukan setelah debat capres pertama yakni 13-18 Desember 2023. Metode yang digunakan adalah multistage random sampling dengan 1.300 orang yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Responsive Images

Hasilnya, capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo-Gibran unggul dengan elektabilitas 43,7 %. Sedangkan di posisi kedua dihuni oleh paslon nomor urut 1 Anies-Cak Imin dengan 26,1 % dan posisi paling buncit ditempati capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar-Mahfud dengan 19,4 %.

Sedangkan yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 4,5 %. Sementara yang menjawab rahasia/belum menentukan pilihan 6,4 %

Ketua Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes, mengatakan elektabilitas di survei ini bisa berubah sesuai perkembangan politik.

“Jadi ini peta yang kami dapatkan setelah debat pertama berlangsung. Ketiga calon masih ada waktu dan harapan untuk menentukan kerja politik, kedua situasi bisa aja ada perubahan tipis naik atau turun karena ada debat, jadi putaran debat masih ada 3 kali. Ketiga aktivitas mobilitas kampanye paslon,” kata Arya yang dikutip dari kanal YouTube CSIS, Rabu (27/12/2023).

Dari data survei tersebut,l jika diperinci maka Prabowo-Gibran dan Anies-Muhaimin bersaing ketat di wilayah Sumatera dan Jakarta-Banten.

“Kalau berdasarkan zona, memang menunjukkan di wilayah Sumatera itu pasangan 01 dan 02 masih bersaing ketat,” jelas Arya.

Di daerah Sumatera, Anies-Cak Imin mendapatkan 34,4 persen, sedangkan Prabowo-Gibran mendapatkan 36,5 persen.

“Di Jakarta-Banten juga bersaing ketat antara 01 dan 02 ya, 35 versus 35 persen, hampir sama,” pungkas Arya.

Berikut hasil lengkap survei CSIS periode 13-18 Desember 2023 :

– Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka: 43,7%

– Anies Baswedan-Cak Imin: 26,1%

– Ganjar Pranowo-Mahfud Md: 19,4%

– Rahasia/belum menentukan pilihan: 6,4%

– Tidak tahu/tidak jawab 4,5%. (*)

Tinggalkan komentar