IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Situs Kumitir Akan Diekskavasi Tahun Ini, BPK Wilayah XI Lakukan Tinjauan Penelitian

Avatar of Jurnalis : Erix - Editor : Yunan
Persiapan ekskavasi situs Kumitir tahun ini. (Erix/kabarterdepan.com)
Persiapan ekskavasi situs Kumitir tahun ini. (Erix/kabarterdepan.com)

Kabupaten Mojokerto, Kabarterdepan.com – Situs Kumitir di Dusun Bendo, Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto kini diteliti oleh dosen dari berbagai universitas di Indonesia, Sabtu (13/01/2023).

Dosen dari berbagai universitas lakukan penelitian selama dua hari di situs kumir dan di dampingi secara langsung oleh Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XI Jawa Timur.

Responsive Images

Kepala BPK Wilayah XI Jawa Timur, Endah Budi Heryani, mengatakan, berbagai para dosen universitas berlatar belakang ilmu geologi lakukan kunjungan dan penelitian di situs kumitir untuk lakukan kroscek hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2021 dengan kondisi saat ini.

“Jadi para dosen mengkroscekkan sampling tanah pada tahun 2021 dengan yang sekaranf sambil menceritakan kepada kita dengan kondisi yang sekarang,” Ucap Endah, Sabtu (13/01/2024).

Endah juga mengatakan, sampling tanah bahan penelitian yang didapat para dosen nantinya juga untuk BPK saat melakukan penelitian untuk bahan kroscek atas hasil penelitan para dosen. Sehingga nantinya akan ada banyak masukan sehingga menjadi sebuah analisis dari situs kumitir.

“Besar harapan kami ini menjadi langkah awal kami untuk mulai mengembangkan dan juga memanfaatkan situs kumitir di awal tahun,” tambahnya

Endah juga menambahkan, nantinya di tahun ini 2024 situs kumitir akan diekskavasi. Data sampel yang diperoleh para dosen saat ini untuk analisis hipotesa saat ekskavasi selanjutnya.

“Jadi kita akan ada ekskavasi atau ada perlindungan pemanfaatan di lahan kumitir. Para dosen sedikit banyak memberikan sumbangsih masukan dalam tindak lanjut kita di perlindungan pemanfaatan.” Imbuhnya.

Para peneliti ini sendiri berasal dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Yogyakarta, Badan Riset dan Inovasi Indonesia (BRIN), dan Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI).

Situs kumitir telah ditemukan pada tahun 2020. Kemudian mulai di ekskavasi pada Oktober 2019. Saat itu ditemukan adanya struktur talud. Kemudian pada Agustus 2020 situs kumitir kembali diekskavasi.

Dari ekskavasi tahap kedua. Munculah interpretasi bahwa situs kumitir merupakan bekas bangunan istana raja Bhre Wengker. Intrerpretasi tersebut berdasarkan hasil ekskavasi tahap kedua yang di padukan dengan keterangan naskah kuno, atau peta dan legenda pada zaman belanda. (*)


Eksplorasi konten lain dari Kabar Terdepan

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Responsive Images

Tinggalkan komentar