IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Sidak Lokasi Penyebab Banjir di Waru, Wabup Sidoarjo Harap DPU Pengairan Jatim Segera Normalisasi

Avatar of Jurnalis : Setyawan - Editor : Yunan
WhatsApp Image 2024 02 09 at 4.19.06 PM
Sidak drainase (Kominfo Kab Sidoarjo)

Sidoarjo, Kabarterdepan.com – Wakil Bupati Sidoarjo Subandi melakukan inspeksi mendadak (sidak) drainase dengan menyisir hilir Sungai Buntung untuk memastikan penyebab banjir, Rabu (7/2/2024).

Diketahui, ada 5 wilayah di kecamatan Waru sampai saat ini intensitas airnya masih tinggi akibat luapan dari kali buntung. Jalan dan rumah warga masih banyak tergenang dengan tinggi sekitar 30–50 cm.

Responsive Images

Dalam kesempatan itu, Subandi berharap, Dinas PU Pengairan Provinsi Jawa Timur segera mendatangkan pontons excavator untuk normalisasi sungai.

“Karena kondisi sungainya dangkal. Apalagi di sisi kanan dan kiri sungai banyak ditumbuhi tanaman eceng gondok. Apalagi kondisi air laut saat ini sedang pasang,” jelas Subandi.

Wabup Sidoarjo itu juga menjelaskan, kondisi sungai tersebut dengan intensitas curah hujannya tinggi maka wilayah barat akan tergenang.

“Kalau sungai sudah dinormalisasi, tanaman eceng gondok ini dibersihkan, insya Allah permasalahan banjir di wilayah Waru ini bisa selesai. Karena Kali buntung ini bukan kali rob,” imbuhnya.

Lebih lanjut disampaikan Subandi, kondisi warga yang terdampak banjir yang paling parah ada di daerah Bungurasih dan Waru.

“Solusi dari permasalahan ini, mari kita komunikasikan bersama, dan saling berkoordinasi antara pemerintah provinsi dan Pemkab Sidoarjo, untuk bahu membahu menyelesaikan persoalan banjir di Kecamatan Waru,” jelasnya.

Subandi mengatakan, pihaknya akan segera mengadakan rapat untuk tanggap darurat bencana di Kabupaten Sidoarjo, terutama untuk anggaran penanganan dan bantuan untuk warga terdampak bencana.

“Apalagi dalam bulan juga terjadi bencana hampir merata, seperti bencana puting beliung minggu lalu, dan saat ini banjir di wilayah Waru,” pungkasnya.

Sebagai informasi, turut hadir dalam agenda tersebut BPBD dan PU provinsi Jawa Timur, BPBD dan Dinas PU Bina Marga dan SDA Sidoarjo, Camat Waru, serta dari kodim 0816 Sidoarjo. (*)

Tinggalkan komentar