IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Respon TPN Ganjar-Mahfud Tentang Film Dirty Vote, Pendidikan Politik yang Bagus

Avatar of Jurnalis : Muzakki - Editor : Ano
Todung Mulya Lubis, Deputi Bidang Hukum TPN Ganjar-Mahfud. (Instagram @todungmulyalubisofficial)
Todung Mulya Lubis, Deputi Bidang Hukum TPN Ganjar-Mahfud. (Instagram @todungmulyalubisofficial)

Jakarta, kabarterdepan.com – Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD juga merespons film Dirty Vote yang mengungkap dugaan kecurangan selama Pemilu 2024.

Dalam konferensi pers, Deputi Bidang Hukum TPN Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis, menilai apa yang diungkap dalam film dokumenter tersebut bukan sesuatu yang baru dan sesuai dengan kondisi saat ini. Baginya, film Dirty Vote bisa menjadi pengingat soal maraknya pelanggaran di Pemilu 2024.

Responsive Images

“Apa yang ditulis atau dibuat dalam film tersebut itu tidak ada yang baru sama sekali. Dia mengingatkan kita bahwa pelanggaran dan potensi pelanggaran itu sangat masif terjadi di Indonesia,” kata Todung saat konferensi pers di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Jakarta Pusat, Minggu (11/2).

Todung tidak sepakat dengan pernyataan Wakil Ketua TKN Habiburokhman yang menilai dokumenter itu berisi fitnah dan tidak ilmiah. Menurutnya film dengan paparan temuan dari tiga pakar Hukum Tata Negara, Yakni Zainal Arifin Mochtar, Bivitri Susanti, dan Feri Amsari tersebut bisa menjadi Pendidikan politik yang bagus.

“Film ini menurut saya pendidikan politik yang sangat bagus. Jadi, jangan baper lah, itu saja yang mau saya bilang, Jangan sedikit-dikit melapor ke kepolisian. Ini kan tidak sehat buat kita sebagai bangsa,” ujar Todung.

“Yang saya tidak mau adalah jangan baperan kalau dikritik, banyak orang baperan kalau dikritik. Baperan ini berbahaya kalau ada merasa tidak setuju dengan film itu bantah saja dengan film lain. Kritik mesti dibalas satu kritik yang lain,” pungkas Todung.

Sebagaimana diketahui, Film Ditry Vote tayang perdana di kanal YouTube Dirty Vote, Minggu (11/2/2024). Film ini menguak dugaan kecurangan pemilu 2024 yang melibatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), para Menteri, kepolisian, hingga kepala desa. (*)

Tinggalkan komentar