IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Resmikan Event Balap Sepeda Urban Downhill 2024, Pj Wali Kota Batu : Kami Kembangkan Sport Tourism

Avatar of Redaksi
Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai saat mengibarkan bendera start, menandai event Urban Downhill 2024 - Jatim Downhill Heat 3 dimulai. (Yan)
Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai saat mengibarkan bendera start menandai event Urban Downhill 2024 – Jatim Downhill Heat 3 dimulai. (Yan/kabarterdepan.com)

Kota Batu, kabarterdepan.com – Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai mengibarkan bendera start menandai event Urban Downhill 2024 – Jatim Downhill Heat 3, yang dimulai di Kampung Wisata Kungkuk, Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, Minggu (23/6/2024).

Event balap sepeda Urban Downhill berbeda dengan event lainnya karena berlangsung di tengah permukiman padat penduduk, dengan kontur jalanan yang menurun tajam. Untuk bisa sampai ke garis finish, para pembalap harus melewati rumah warga, gang sempit, turunan tangga, hingga dapur rumah warga.

Responsive Images

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, yang didampingi oleh Sekretaris Daerah, Zadiem Effisiensi, Kepala Dinas Pariwisata, Arif As Siddiq mengatakan komitmennya untuk terus menggelar event sport tourism.

“Apapun itu bentuknya, Kota Batu harus jadi inisiasinya. Tanpa ada event seperti ini, saya rasa agak sulit jika ingin mengangkat perekonomian masyarakat Kota Batu. Jadi kalau ada pariwisatanya, ada juga ekonominya. Ada sportnya, ada juga ekonominya. Sehingga semua berjalan beriringan,” kata Pj Aries.

Pj Aries memberikan apresiasi atas terselenggaranya event balap sepeda downhill tersebut. Hal ini disebabkan imbas atau dampak dari kegiatan urban downhill bisa meningkatkan perekonomian dan pariwisata di Kota Wisata Batu.

“Event seperti ini harus terus dikembangkan di Kota Batu. Karena Kota Batu adalah kota pariwisata. Kami akan terus mengembangkan event olahraga yang ada kaitannya dengan pariwisata,” tambah Pj Aries.

Harapan Adanya Event Urban Downhill 2024

Selain itu, ke depan Pj Aries berharap bahwa event sport tourism di Kota Batu bisa rutin diselenggarakan, dan tentunya dengan menghadirkan peserta internasional.

“Kalau bisa tahun depan ditingkatkan lagi ke taraf internasional. Tentunya juga akan diikuti naiknya kelas. Sehingga peserta tidak hanya nasional saja, tapi juga internasional. Dengan harapan ekonomi masyarakat dapat berjalan,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia, Arghentia Bawengan menyatakan, Urban Downhill 2024 – Jatim Downhill Heat 3 digelar pada 22-23 Juni 2024 dengan persiapan yang panjang. Dengan trek yang telah dibuat sepanjang lebih dari 800 meter.

“Trek yang dibuat mencakup rumah-rumah warga. Karena itu, kami sangat berterimakasih kepada warga, yang ikut andil mensukseskan event ini,” tuturnya.

Dia menambahkan, Urban Downhill 2024 – Jatim Downhill Heat 3, diikuti sebanyak 105 peserta dari berbagai daerah.

“Ya, mulai dari Jatim, Jateng, Jabar, Jakarta, serta sejumlah daerah lain di luar pulau Jawa,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Kadisparta) Kota Batu, Arief As Siddiq menyampaikan, event olahraga balap sepeda downhill sangat cocok untuk terus dikembangkan di Kungkuk, disamping kreativitas paket wisata lainnya.

“Sebab melalui event ini, tentunya dapat memberikan dampak yang sangat luar biasa kepada masyarakat. Terutama dalam hal perekonomian, bagi warga setempat,” tandasnya.

Sebagai informasi, Kota Batu kembali dipilih menjadi venue Urban Downhill 2024 – Jatim Downhill Heat 3, di Kampung Wisata Kungkuk, Desa Punten, Kecamatan Bumiaji. (Yan)


Eksplorasi konten lain dari Kabar Terdepan

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan komentar