IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Polres Mojokerto Kota Kenalkan Aplikasi Ilmu Semeru, Permudah Lacak Kendaraan yang Hilang

Avatar of Jurnalis : Erix - Editor : Yunan
Penyerahan barang bukti kendaraan di Mapolres Mojokerto Kota, Jumat (22/9/2023). (Erik/KabarTerdepan.com)
Penyerahan barang bukti kendaraan di Mapolres Mojokerto Kota, Jumat (22/9/2023). (Erik/KabarTerdepan.com)

Kota Mojokerto, KabarTerdepan.com – Polres Mojokerto Kota merilis Aplikasi Ilmu (Hilang Temu) Semeru yang mempermudah masyarakat melacak kendaraan yang hilang. Kegiatan itu dilaksanakan di Mapolres Mojokerto Kota, Jumat (22/9/2023).

Rilis tersebut digelar bersamaan dengan penyerahan kendaraan sepeda motor kepada pemiliknya. Kendaraan tersebut merupakan kendaraan yang terlibat kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Mojokerto Kota. Penyerahan kendaraan langsung dipimpin oleh Kasatlantas Polres Kota Mojokerto AKP Muhammad Puteh Rinaldi.

Responsive Images

Tentang aplikasi Ilmu (hilang temu) Semeru ini, kata AKP Puteh, merupaka aplikasi yang nantinya akan mempermudah masyarakat untuk melihat barang bukti kendaraan bermotor, entah itu dari tilang, kriminal, atau laka lantas di seluruh Polres Jawa Timur.

Aplikasi ini tidak hanya kendaraan roda dua, tapi termasuk kendaraan roda empat hingga truk. Masyarakat dapat mengunduh aplikasi Ilmu Semeru untuk mencari keberadaan kendaraan bermotornya yang berada di Polres se Jawa Timur.

Dalam aplikasi tersebut masyarakat juga bisa melihat data kendaraan hilang yang telah diinput Polres yang meliputi pernah terlibat kecelakaan lalu lintas, hilang akibat di curi, atau terlibat tindak pidana.

“Aplikasi ini dapat mencari kendaraan yang dicari dan dapat diketahui kendaraan sedang berada di kantor polisi mana,” ujar AKP Puteh.

Aplikasi yang diluncurkan oleh Dirlantas Polda Jatim ini sudah mendata 4000 lebih kendaraan bermotor di Jawa Timur. Sedangkan data yang masuk di wilayah Polres Mojokerto Kota ini sendiri sekitar 100 lebih kendaraan bermotor.

“Sudah ada 100 data kendaraan bermotor yang masuk di Polres Mojokerto Kota. Tidak hanya roda dua, roda empat juga terdata,” tambahnya.

Menariknya, imbuh AKP Puteh, aplikasi yang dibuat oleh Polda Jatim ini tidak membutuhkan username dan password untuk mengaksesnya. Masyarakat Jawa Timur yang ingin menggunakan aplikasi ini cukup hanya mengunduh aplikasi, lalu memasukkan nomor polisi kendaraan bermotor yang ingin dicari.

“Jadi ini sifatnya memudahkan masyarakat untuk mencari kendaraan bermotornya, cukup melalui aplikasi ini,” imbuh AKP

Aplikasi tersebut tidak merinci tentang bagaimana prosedur pengambilan kendaraan hilang yang telah ditemukan. Prosesur hukum masih berlaku tergantung pada tindakan apa yang dikenai pada kendaraan bermotor yang dimaksud.

“Ya kalau kendaraan bermotor itu digunakan untuk tindak narkoba atau kejahatan lainnya, tentu harus mengikuti prosedur (hukum) yang berlaku. Kalaupun terlibat lala lantas juga ada prosedurnya sendiri,” pungkas AKP Puteh. (Erik)


Eksplorasi konten lain dari Kabar Terdepan

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan komentar