IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Pesantren di Jember Akhirnya Punya Perda

Avatar of Redaksi
Penandatanganan Perda Pesantren di Jember. (Lana/kabarterdepan.com)
Penandatanganan Perda Pesantren di Jember. (Lana/kabarterdepan.com)

Jember, Kabarterdepan .com – Bupati Jember Hendy Siswanto dan Wakilnya, KH. MB. Firjaun Barlaman beserta pimpinan DPRD Jember menandatangani ke-3 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda). Mulai Raperda LPP APBD TA 2023, Raperda Pengelolaan Keuangan Daerah, serta Raperda Fasilitasi Penyelenggaraan Pesantren.

Mufid salah satu legislator DPRD Jember dari partai PKB menjelaskan sangat bersyukur Raperda penyelenggaraan Pesantren disahkan menjadi Perda. Pasalnya Raperda tersebut sudah cukup lama diajukan dan dibahas dan baru tahun ini disahkan.

Responsive Images

“Sebagai pengusul tentunya kami sangat senang Raperda penyelenggaraan pesantren sudah disahkan jadi Perda,” kata Mufid, Selasa (11/6/2024).

Mufid yang merupakan Anggota komisi C DPRD Jember menambahkan, pembahasan Perda tersebut sudah cukup lama dibahas dengan melibatkan sejumlah elemen masyarakat termasuk Kiai.

Dia menegaskan, sudah waktunya Jember punya Perda Pesantren. Sebab Jember ini memiliki kurang lebih 600 pesantren yang terdaftar di Kemenag. Sedangkan pesantren yang belum terdaftar jumlahnya juga hampir sama.

Sementara itu Hadi Sasmito, Sekda Kabupaten Jember, poin penting dari penandatanganan ketiga Raperda tersebut adalah kesesuaian target yang direalisasikan. Baik PAD maupun penyerapan keuangan yang tersedia dan tersisa.

“Esensinya, bagaimana program perencanaan anggaran sesuai OPD masing-masing difokuskan pada sektor pelayanan publik dan belanja wajib di sektor pendidikan, infrastruktur, dan kesehatan,” ungkapnya. (Lana).


Eksplorasi konten lain dari Kabar Terdepan

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan komentar