IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Perkuat Ketahanan Pangan, Koperasi Papdesi Jatim Luncurkan Koperasi Desa di Mojokerto

Avatar of Jurnalis : Erix - Editor : Yunan
Koperasi Papdesi Jatim
Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menghadiri launching Koperasi Papdesi Jatim di trawas, Rabu (27/9/2023). (Diskominfo Kabupaten Mojokerto)

Kabupaten Mojokerto, KabarTerdepan.com – Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) wilayah Jawa Timur lauching koperasi kepala desa, koperasi multipihak Gemah Ripah Desaku Indonesia (Garuda) di Hotel Whiz, Trawas, Kabupaten Mojokerto, Rabu (27/9/2023)

Peluncuran koperasi itu dihadiri Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati dan dihadiri DPD Papdesi, DPMD Jatim dan Bappenas.

Responsive Images

Koperasi Papdesi Jatim tersebut nantinya melibatkan sedikitnya 7.721 desa. Kegiatan tersebut merupakan bagian untuk menguatkan korporasi petani dalam mewujudkan kedaulatan pangan dan pengendalian inflasi.

Bupati Ikfina berharap peluncuran koperasi Kepala Desa tersebut menjadi bagian dari gerak langkah bersama dalam mengupayakan dan mempertahankan kondisi kestabilan harga serta ketersediaan pangan di wilayah Jawa Timur.

“Kita menyambut baik launching koperasi ini, sehingga kemudian nanti dalam satu wadah koperasi desa itu, nantinya bisa komitmen dalam hal penguatan koorporasi petani dan juga hubungannya dengan ketahanan pangan dan pengendalian inflasi. Sehingga ini bisa diwujudkan dengan baik melalui kolaborasi serta sinergitas,” ungkap Ikfina.

Ikfina juga mengatakan, untuk mengatasi inflasi diperlukan berbagai upaya. Seperti operasi pasar murah, sidak pasar dan para distributor agar tidak menahan barang.

Selain itu, koperasi Papdesi Jatim, ini juga diharapkan bekerja sama dengan daerah penghasil komoditi untuk kelancaran pasokan untuk beberapa komoditas seperti telur ayam ras, minyak goreng, beras, bawang merah, cabai rawit, daging ayam ras dan cabai merah.

“Jadi ini bisa dilakukan bersama-sama sebagai upaya penanganan inflasi di masing-masing daerah di Jatim. Maka sinergi dan peran aktif dari pemkab/pemko, forkopimda, satgas pangan beserta seluruh stakeholder sangat diperlukan,” pungkas Ikfina. (*)


Eksplorasi konten lain dari Kabar Terdepan

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Responsive Images

Tinggalkan komentar