IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Pemprov Jateng Kerahkan 220 Armada Bus untuk Program Mudik Gratis 2024

Avatar of Redaksi
Armada Bus yang siap untuk mudik gratis 2024 di terminal Kampung Rambutan Jakarta. (Dari di Panggabean untuk Kabarterdepan.com)
Armada Bus yang siap untuk mudik gratis 2024 di terminal Kampung Rambutan Jakarta. (Dari di Panggabean untuk Kabarterdepan.com)

Semarang, Kabarterdepan.com – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) akan mengerahkan 220 unit bus dan dua Kereta Api (KA) untuk program mudik gratis yang dilaksanakan, Sabtu (6/4/2024) mendatang.

Program ini diperuntukkan bagi warga Jawa Tengah yang merantau di Jabodetabek dan bekerja di sektor informal.

Responsive Images

Hal tersebut dikemukakan Kepala Badan Penghubung Provinsi Jateng, Sarido Panggabean, di kantornya, Rabu (3/04/2024).

Ia mengungkapkan, armada yang digunakan untuk program mudik gratis berasal dari bantuan berbagai pihak yang bekerjasama dengan Pemprov Jateng.

“Sebanyak 58 bus berasal dari bantuan Gubernur dan Bank Jateng menyumbangkan 40 bus. Serta 130 bus lainnya disumbangkan PT Semen Gresik, Jasa Raharja, dan Perum Perumnas. Untuk fasilitas kereta menggunakan dua rangkaian kereta yakni KA Jaka Tingkir untuk jurusan Jakarta-Solo dan KA Menoreh Jurusan Jakarta-Semarang,” ungkapnya.

Sarido menambahkan pendaftaran mudik gratis bisa dilakukan melalui daring maupun luring.

“Via daring bisa mengakses www.pedamateng.penghubung.jatengprov.go.id, dan mengunggah dokumen seperti KTP/KIA, KK dan bukti pendukung lain atau bisa mendatangi Cabang Bank Jateng Jl Panglima Polim Kebayoran Baru, KCP Bank Jateng Kramat Jati atau melalui koordinasi dengan Paguyuban Warga Jateng di Jakarta,” tambahnya.

Terakhir, ia mengimbau warga Jateng berhati-hati jika menerima informasi mudik gratis. Ia mengajak masyarakat mengonfirmasi melalui saluran resmi pemerintah atau perusahaan.

“Ketika ada orang tak bertanggungjawab menyampaikan informasi mudik gratis yang berbayar itu harus dicek dulu. Jangan sampai warga sudah menunggu mudik gratis, cuma bayar 50 ribu rupiah tapi penipuan, uangnya sudah masuk tapi tak ada mudik gratis,” pungkasnya. (Ahmad)

Responsive Images

Tinggalkan komentar