IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Pemkab Jember Menangkan 2 Gugatan di PTUN Surabaya

Avatar of Redaksi
Kuasa hukum Pemkab Jember. (Lana/kabarterdepan.com)
Kuasa hukum Pemkab Jember. (Lana/kabarterdepan.com)

Jember, kabarterdepan.com – A. Zaenurrofik SH, Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Jember mengatakan bahwa Pemkab jember memenangkan 2 gugatan di Pengadilan tata Usaha Negara (PTUN) di Surabaya.

Dikatakan Zaenurrofik, Bupati Jember digugat di PTUN Surabaya pada 31 Oktober 2023. Objek gugatannya berupa Keputusan Bupati Jember terkait dengan Pengangkatan Jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Jember tertanggal 28 Juli 2023 atas nama Hadi Sasmito.

Responsive Images

“Tercatat, ada sejumlah tuntutan yang dilayangkan. Di antaranya, jaringan Pemilu untuk Edukasi Rakyat (JPER Jatim) melapor ke ke Bawaslu Jawa Timur terhadap kehadiran ASN dalam kegiatan J-Berbagi,” ujar Zaenurrofik, Rabu (3/4/2024).

Dari 32 ASN yang ikut J-Berbagi, lanjut Zaenurrofik, ada 3 pejabat yang mengikuti seleksi terbuka JPT Pratama Sekda Jember yang lolos seleksi sampai tahap akhir, tanpa menunggu hasil investigasi dari Bawaslu dan KASN sehingga bertentangan dengan Pasal 5 ayat (3) Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Pengangkatan sekretaris daerah dilakukan tanpa lebih dulu menunggu hasil/proses investigasi terhadap 32 pejabat struktutural yang menurut para penggugat telah melakukan keberpihakan dalam kegiatan Jember Berbagi.

“Setelah melalui proses persidangan, Majelis Hakim Pemeriksa Perkara menyatakan Gugatan Para Penggugat tidak dapat diterima dan menghukum para penggugat untuk membayar biaya perkara sebesar RP 670 ribu,” jelas Zaenurrofik.

Masih kata Zaenurrofik, dengan amar putusan tersebut maka pihak Pemkab Jember/Bapak Bupati Jember dinyatakan menang dalam Perkara. Salah satu pertimbangan majelis hakim dalam memutus perkara adalah penggugat tidak memiliki kepentingan hukum apapun terkait penerbitan keputusan Bupati in casu objek sengketa.

“Penggugat juga bukan pihak yang dituju dalam keputusan atau pihak yang pernah mengikuti seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama sehingga tidak terkait dengan penerbitan objek sengketa,” tegas Zaenurrofik.

Selain itu, kegiatan J-Berbagi merupakan kegiatan yang terbuka dengan mengusung semangat sinergi, kolaborasi dan akselerasi sehingga dapat diikuti oleh siapapun dari unsur manapun.

Unsur yang dimaksud bisa berasal dari partisipasi dari pihak swasta, BUMN, BUMD, Bumdesma, UMKM, fungsionaris partai, kader partai, simpatisan partai lainnya, tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat umum yang tidak dibatasi oleh hubungan kedinasan.

“Lebih dari itu, gugatan lain juga dimenangkan Pemkab Jember. Yakni, sidang sengketa pajak antara PTPN XII melawan Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Jember. Berdasarkan amar putusan, Pemerintah Kabupaten Jember/Kepala Bapenda dinyatakan menang dalam perkara tersebut,” pungkas Zaenurrofik.(Lana)

Responsive Images

Tinggalkan komentar