IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Musrenbangcam, Bupati Mojokerto Fokuskan Tiap Desa Punya Brand Design

Avatar of Jurnalis : Lintang - Editor : Yunan
WhatsApp Image 2024 01 30 at 12.07.45 PM
Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati (Kominfo Kab Mojokerto)

Kabupaten Mojokerto, Kabarterdepan.com – Musyawarah Rencana Pembangunan tingkat Kecamatan (Musrenbangcam) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025 kembali diadakan, Senin (29/1/2024) pagi.

Kali ini, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menghadiri Musnrenbangcam Kecamatan Puri, Pungging dan Dawarblandong untuk membahas usulan pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun depan.

Responsive Images

Dalam kesempatan itu, Bupati Mojokerto menjabarkan tentang perlunya percepatan pembangunan di desa karena sangat berpengaruh dengan percepatan pembangunan pada daerah.

“Percepatan pembangunan di desa harus didahulukan, karena dengan begitu percepatan pembangunan di tingkat daerah bisa terlaksanakan dengan baik. Salah satu caranya dengan memfokuskan tiap desa agar memiliki sign plan dan brand design,” ujar Ikfina.

Orang nomor satu di lingkup Pemkab Mojokerto itu juga menjelaskan perlunya sign plan dan brand design. Menurutnya, hal ini berhubungan dengan dana Bantuan Keuangan (BK) desa, yang akan dibagikan kepada tiap desa di Kabupaten Mojokerto.

“Hal ini ditujukan agar tiap desa harus bisa mengenali potensi dari desanya sendiri untuk bisa meningkatkan pendapatan asli desa, yang nanti juga digunakan untuk pembangunan desa tersebut,” imbuhnya.

Bupati perempuan pertama di Mojokerto itu juga menekankan tentang Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berperan vital dalam pembangunan daerah Kabupaten Mojokerto.

Menurutnya, PAD Kabupaten Mojokerto harus ditingkatkan lagi di tahun 2025 demi percepatan pembangunan daerah. Sebab, hanya sebagian kecil yang berasal dari bantuan keuangan khusus.

“PAD ini harus ditingkatkan lagi, caranya dengan meningkatkan pendapatan masyarakat melalui perluasan lapangan pekerjaan, mari kita manfaatkan apa yang ada di sekitar kita, tidak harus menciptakan usaha-usaha baru, bisa juga kita bekerja sama dengan badan usaha yang besar agar bisa saling bersinergi,” jelasnya.

Di akhir arahannya, Bupati Mojokerto meminta kepada para pejabat pemerintahan agar tetap fokus pada pelayanan masyarakat meskipun tengah berada dalam masa kampanye.

“Yang terakhir saya sampaikan, kepada semua pejabat pemerintahan, agar jangan terbawa suasana kampanye, saya ingin panjenengan sekalian tetap fokus dan maksimal dalam tugas, khususnya yang turun langsung dalam pelayanan masyarakat,” pungkas Ikfina.

Sebagai informasi, Musrenbangcam ini turut dihadiri oleh Perwakilan BAPPEDA Kabupaten Mojokerto, Perwakilan DPMD Kabupaten Mojokerto, Forkopimca setempat (Puri, Pungging, Dawarblandong), Kepala Desa se-Kecamatan setempat, dan Kepala Penggerak PKK se-Kecamatan setempat. (*)

Tinggalkan komentar