IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Musim Hujan, Pj Wali Kota Mojokerto: Warga Harus Hati-hati dan Waspada

WhatsApp Image 2024 01 09 at 12.33.34 PM
Ilustrasi hujan (Freepik)

Kota Mojokerto, Kabarterdepan.com – Musim hujan rawan menyebabkan bencana alam, seperti longsor, banjir, hingga warga tersambar petir. Untuk mencegah hal itu, Penjabat (Pj.) Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati.

“Kami mengimbau agar masyarakat tetap hati-hati dan waspada. Terutama keberadaan pohon-pohon yang dikhawatirkan rawan tumbang. Jadi jangan berteduh dan memarkirkan kendaraan di bawah pohon,” tuturnya, Selasa (9/1/2024).

Responsive Images

Mas Pj. Wali, sapaan akrab Ali Kuncoro juga menambahkan, masyarakat patut mewaspadai area tumbuhnya pohon-pohon besar yang memiliki banyak ranting serta daun lebat.

“Sebab sewaktu hujan mengguyur disertai tiupan angin kencang bisa menyebabkan kondisi beban pohon menjadi semakin berat. Potensi patah dan tumbang bisa saja terjadi tanpa diprediksi sebelumnya,” imbuhnya.

Lebih lanjut, sosok yang juga menjabat sebagai Kadispora Provinsi Jatim ini mengimbau agar masyarakat tidak berteduh di tempat yang berdekatan dengan tiang listrik.

Menurutnya, hal ini akan menyebabkan mudahnya petir menyambar objek yang dialiri arus listrik dan risiko tersambar petir jika berada dekat dengan tiang listrik saat hujan.

“Lebih baik mencari tempat yang lebih aman dan nyaman. Misalnya masuk ke area parkir pertokoan atau mall, atau tempat-tempat yang memang terdapat area parkir dan kita bisa dengan nyaman untuk berteduh di sana,” terangnya.

Ali Kuncoro mengatakan, masyarakat bisa memanfaatkan 8 kanal pengaduan ‘Sapa Mas Pj’ jika menemukan kondisi seperti pohon rawan tumbang ataupun kabel listrik menggantung.

“Silakan melapor ke ‘Sapa Mas Pj’ ada 8 kanal pengaduan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, masalah akan selesai pas jawabannya. Akan segera kami tindaklanjuti,” ungkap Ali Kuncoro.

Perlu diketahui, 8 kanal ‘Sapa Mas Pj’ dapat diakses melalui SMS 1708, WA 0811 3555 905, Instagram sapa_mas_pj, Facebook SAPA MAS PJ, X @SapaMasPj, website lapor.go.id dan sapamaspj.mojokertokota.go.id, atau bisa datang langsung ke Kantor Dinas Kominfo Kota Mojokerto yang beralamat di MPP Gajah Mada. Namun jika dalam kondisi darurat, masyarakat bisa menghubungi layanan bebas pulsa, Call Center 112 Kota Mojokerto.­ (*)

Responsive Images

Tinggalkan komentar