IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Meningkat Signifikan, Realiasi Investasi Kota Mojokerto Tembus Rp 391 Miliar

Avatar of Jurnalis : Lintang - Editor : Yunan
d60630986fdd7e8c09fa6fab381f4504
FGD Promosi potensi investasi (Kominfo Kota Mojokerto)

Kota Mojokerto, Kabarterdepan.com – Pj. Wali Kota Mojokerto M Ali Kuncoro mengatakan, realisasi investasi di Kota Mojokerto semakin melejit dibandingkan tahun sebelumnya.

Berdasarkan data Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP NAKER) realisasi investasi Kota Mojokerto tahun 2023 mencapai Rp 391 miliar, sementara tahun 2022 yang lalu hanya Rp 154 Miliar.

Responsive Images

“Alhamdulillah, kita patut bersyukur capaian realisasi investasi Kota Mojokerto tahun 2023 mencapai Rp 391 miliar dan meningkat signifikan dari tahun sebelumnya,” tegas Mas Pj, sapaan akrab Ali Kuncoro, Rabu (31/1/2024).

Lebih lanjut Ali menyampaikan, capaian realisasi investasi tahun 2023 tersebut juga melampaui target RPJMD Rp. 370 Miliar. Hal ini tentu menjadi sesuatu kebanggaan tersendiri karena capaian ini sekaligus menandakan bahwa perkembangan Kota Mojokerto yang semakin maju.

Tidak hanya itu, lanjut Mas Pj, capaian realisasi ini juga menjadi prestasi dan keberhasilan Pemkot Mojokerto dalam upayanya untuk terus mendorong masuknya investasi ke daerah.

Terlebih mendorong investasi juga menjadi pesan khusus Presiden RI Joko Widodo pada para kepala daerah dapat terus mendorong investasi di daerahnya.

Menurutnya, di Pemkot Mojokerto sendiri selama ini terus melakukan reformasi birokrasi untuk meningkatkan layanan perizinan. Dengan mengedepankan transformasi digital, pelayanan perizinan dan kemudahan informasi terus ditingkatkan dengan harapan bisa menarik investor sebanyak-banyaknya ke Kota Mojokerto.

“Berbagai upaya yang terus kita lakukan seperti digitalisasi layanan perizinan dan informasi. Layanan perizinan semakin kita tingkatkan dengan prinsip cepat, mudah dan murah. Hal ini yang mendukung masuknya investor ke Kota Mojokerto,” tegasnya.

Investasi memiliki pengaruh yang kompleks sehingga tidak hanya diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu daerah, namun juga untuk menyerap tenaga kerja yang akan berimbas pada penurunan angka pengangguran dan penurunan kemiskinan.

Ada beberapa hal yang memengaruhi investasi, diantaranya birokrasi, regulasi, stabilitas politik dan keamanan serta faktor sosial budaya. Selain itu, faktor keamanan dan juga kondusifitas daerah juga turut mempengaruhi minat dan perkembangan investasi daerah.

“Untuk itu kita terus berupaya untuk menjaga iklim investasi di Kota Mojokerto terus tumbuh. Tentunya dengan menjaga kondusifitas dan memberikan kemudahan-kemudahan bagi para investor. Karena dengan meningkatnya investasi juga akan berseiring dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Mojokerto,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan komentar