IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Magang di Stasiun TV, Berkesempatan Merasakan Menjadi Floor Director

Avatar of Andy Yuwono
Mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Galuh Ahmad Fadhilah saat magang sebagai Floor Director di salah satu stasiun televisi swasta, di Surabaya(Dokpri Galuh)
Mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Galuh Ahmad Fadhilah saat magang sebagai Floor Director di salah satu stasiun televisi swasta, di Surabaya
(Dokpri Galuh)

Surabaya, Kabarterdepan.com – Bagi mereka yang tertarik dengan industri penyiaran dan dunia televisi, magang menjadi salah satu cara untuk menggali pengalaman langsung di lapangan.

Salah satu posisi penting dalam produksi acara televisi adalah floor director, yang bertugas mengatur jalannya acara di studio.

Responsive Images

Salah satu mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi UNTAG Surabaya, Galuh Ahmad Fadhilah, baru saja menyelesaikan program magang selama empat bulan sebagai floor director di JTV, stasiun televisi swasta nasional.

Dalam kesempatan ini, Galuh berbagi pengalamannya yang penuh dengan dinamika dan keseruan di balik layar.

Sebagai floor director, Galuh bertanggung jawab untuk mengomunikasikan instruksi kepada host, kru kamera, dan tim teknis lainnya.

Dia harus memastikan setiap adegan berjalan dengan lancar dan tepat waktu sesuai rundown acara.

Saat hari pertama magang, atmosfer dunia televisi yang dinamis dan penuh tekanan benar-benar dirasakan. Karena ini pengalaman Galuh yang pertama di industri televisi, membuatnya sangat gugup.

Namun, berkat bimbingan yang diberikan oleh para kru senior JTV, tantangan tersebut dapat diatasi dengan baik.

“Salah satu tantangan yang harus dihadapi adalah untuk selalu waspada dan sigap menghadapi situasi yang tidak terduga, seperti saat gangguan teknis terjadi atau host melakukan improvisasi di luar skenario,” jelas Galuh.

Selain itu, Galuh juga belajar tentang kerja sama tim yang solid. Setiap anggota kru memiliki peran penting, dan koordinasi yang baik sangat diperlukan untuk menciptakan hasil produksi yang berkualitas.

Selama magang, Galuh diberikan kepercayaan sebagai Floor Director untuk memegang beberapa program acara live maupun taping yang ada di JTV seperti Pojok Arena, Jatim Awan, Penting Gak Penting, Jatim Jos, Hukum Ditengah Kita, Jatim Gaspol, Pojok 7, Pojok Kampung, solusi bisnis, dan Kuis Tuljaenak.

Melalui program magang ini, Galuh tidak hanya mendapatkan pengalaman praktis, tetapi juga jaringan profesional yang berharga. Dia berharap dapat memanfaatkan koneksi ini untuk membangun karirnya di industri penyiaran di masa depan.

Program magang seperti ini terbukti menjadi kesempatan emas bagi para calon profesional untuk memasuki industri penyiaran dan mengasah keterampilan mereka dalam situasi nyata. Pengalaman langsung seperti yang dialami Galuh menjadi bekal berharga bagi karir masa depannya. (why)


Eksplorasi konten lain dari Kabar Terdepan

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan komentar