IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Kirab Api Porprov VIII Jawa Timur 2023 Diawali dari Candi Pari

Avatar of Jurnalis : Ano - Editor : Ahmad
3
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor didampingi Kepala Disporapar Sidoarjo Djoko Supriyadi dan Kepala Dispora Jatim Ali Kuncoro mengambil api Porprov VIII Jatim di Candi Pari, Porong, Sidoarjo, Minggu (4/9/2023). (Kormar)

Sidoarjo, KabarTerdepan.com – Kirab Api Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Jawa Timur 2023 diawali dengan pengambilan api di kawasan Candi Pari di Desa Candipari, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Senin (4/9/2023).

Mengawali rangkaian pesta olahraga dua tahunan tersebut, hadrah dari Ikhromul Mustofah dan tari Banjar Kemuning persembahan Sanggar Kreasi Dancer Sidoarjo menyambut kedatangan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali, Ketua DPRD Sidoarjo Usman dan jajaran Forkopimda.

Responsive Images

Hadir pula Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Jatim M. Ali Kuncoro, Ketua PB Porprov VIII, M Ali Affandi LaNyalla Mattalitti, Wakil Ketua III KONI Jatim Dedy Suhayadi dan juga pengurus KONI Jatim serta Ketua KONI Sidoarjo Franki Effendi beserta jajarannya.

Komandan Batalyon Infanteri 3 Marinir Letkol Marinir Mintarjo, S.H., M.Tr.Opsla mewakili Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto juga hadir di acara Kirab Api Porprov VIII Jawa Timur Tahun 2023 yang diawali di Candipari Jl. Purbakala Porong itu.

Screenshot 20230905 053759 Gmail
Komandan Batalyon Infanteri 3 Marinir Letkol Marinir Mintarjo, S.H., M.Tr.Opsla mewakili Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto. (Kormar)

Kirab Api Porprov VIII Jatim 2023 dipimpin Bupati Sidoarjo, H. Ahmad Muhdlor Ali dan digelar di empat kota/kabupaten Jawa Timur.

Pembukaan Porprov VIII Jawa Timur 2023 akan dilaksanakan di Gelora Delta Sidoarjo, pada 9 September 2023 mendatang.

Kepala Disporapar Sidoarjo Djoko Supriyadi mengatakan alasan pemilihan Candi Pari karena peninggalan bersejarah yang harus dihargai dan dilestarikan.

“Candi Pari merupakan peninggalan sejarah yang berkaitan erat dengan Kerajaan Majapahit. Kita berharap dengan semangat Majapahit, semangat Sidoarjo membangun reputasi, maka dengan pengambilan api dapat memberi spirit yang sama dalam setiap laga di Porprov kali ini,” ujar Djoko Supriyadi.

4
Kirab Api Porprov VIII Jatim dari Sidoarjo menuju Kabupaten Mojokerto. (Kormar)

Djoko Supriyadi juga menyampaikan pesan agar para atlet menjunjung tinggi sportivitas dan kekompakan serta menjaga nama baik dengan menunjukkan hasil serta kemampuan yang semaksimal mungkin di ajamg Porprov ini.

Setelah dari Candi Pari, api obor Porprov VIII Jatim akan diserahkan kepada perwakilan atlet untuk dikirab ke Kabupaten Mojokerto kemudian menuju Jombang, Selasa (5/9/2023). Berlanjut ke Kota Mojokerto dengan tujuan Gedung Negara Grahadi, Surabaya pada Kamis (7/9/2023).

Sehari kemudian api obor kembali ke Sidoarjo untuk dikirab di Kabupaten Sidoarjo, kemudian disulut saat opening ceremony Porprov VIII/2023 Jawa Timur di Stadion Gelora Delta pada Sabtu (9/9/2023) mendatang.

Ketua PB Porprov VIII Muhammad Ali Affandi LaNyalla Mattalitti berharap dengan adanya kirab api Porprov ini, masyarakat di empat kota/kabupaten yang menjadi tuan rumah ikut menyukseskan gelaran ini, dan masyarakat pada umumnya mengetahui bahwa ada multievent olahraga terbesar di Indonesia sedang berlangsung di Jawa Timur.(*)


Eksplorasi konten lain dari Kabar Terdepan

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan komentar