IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Kemendikbud Ristek Kunjungi Kota Mojokerto, Riset Pembangunan Galeri Sukarno

Avatar of Jurnalis : Lintang - Editor : Yunan
WhatsApp Image 2023 09 21 at 4.19.39 PM
Tim Kemendikbud Ristek-Historia Indonesia saat diterima wali kota Mojokerto di Rumah Rakyat (Diskominfo Kota Mojokerto)

Kota Mojokerto, KabarTerdepan.com – Tim dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendibud Ristek) dalam hal ini Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan (PPK) serta tim Historia Indonesia mengunjungi Kota Mojokerto guna melakukan penelitian pembangunan Galeri Soekarno di SDN Purwotengah.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menyambut rombongan tim tersebut di Rumah Rakyat, Rumah Dinas Wali Kota Mojokerto, Kamis (21/9/2023).

Responsive Images

“Kedatangan tim yang dipimpin oleh Bu Nusi dari Kemendikbud dan tim Historia memastikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini, pembangunan Galeri Soekarno akan segera dimulai,” terang Ika Puspitasari.

Dalam kesempatan itu, Nusi Lisabilla Estudianti selaku koordinator tim mengungkapkan jika kunjungannya bersama tim kali ini merupakan langkah permulaan dari rencana pembangunan Galeri Soekarno.

“Saat ini kami baru mengadakan penelitian. Jadi nanti, kontennya apa saja di setiap ruang kelas. Lalu sedang menggodok juga nanti diaplikasikan dalam bentuk apa,” ungkap Nusi.

Pamong Budaya Ahli Muda Direktorat PPK ini juga mengatakan bahwa ia memiliki konsep untuk menyesuaikan perkembangan era teknologi digital dan dikemas interaktif.

“Agar bisa menarik perhatian anak-anak, biar tidak seperti museum di era lama yang terkesan membosankan,” tambahnya.

Lebih lanjut perihal timeline, Nusi menjelaskan bahwa hingga akhir tahun ini, target strategi proyek ini akan mencakup riset, pembuatan konten, dan desain interior.

Sedangkan untuk instalasi konten dan konstruksi ruang pameran akan dilakukan pada tahun berikutnya.

“Harapannya, insya Allah ini bisa jadi destinasi sejarah Kota Mojokerto dan jadi ikon, selain Majapahit,” tutupnya.

Kunjungan tersebut merupakan tindaklanjut paska Kunjungan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy pada Hari Jadi Kota Mojokerto beberapa waktu lalu.

Demikian diungkapkan mengungkapkan bahwa alokasi anggaran untuk Galeri Soekarno terdapat di Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek ini. (*)


Eksplorasi konten lain dari Kabar Terdepan

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Responsive Images

Tinggalkan komentar