IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Debat Cawapres : Saat Gibran Serang Mahfud Md dengan Pertanyaan Carbon Capture

Avatar of Jurnalis : Muzakki - Editor : Ano
Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud Md saat debat Cawapres perdana, Jumat (22/12/2023). (Kolase kabarterdepan.com)
Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud Md saat debat Cawapres perdana, Jumat (22/12/2023). (Kolase kabarterdepan.com)

Jakarta, Kabarterdepan.com – Debat perdana Cawapres diselengarakan KPU di Jakarta Conventions Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023) malam.
Debat dimulai pukul 19.00 WIB dengan tema Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

Ada momen yang lain dari debat cawapres ini. Gibran Rakabuming Raka yang menjadi cawapres nomor urut 2 tampil dengan lebih agresif dengan melontarkan pertanyaan yang cukup sulit kepada cawapres dari paslon lain.

Responsive Images

Kepada Mahfud Md yang menjadi cawapres nomor urut 3, Gibran bertanya soal Carbon Capture and Storage. Mahfud terlihat cukup terkejut dengan pertanyaan tersebut.
Mahfud tidak menjawab To the Point. Ia menjawab pertanyaan tersebut bahwa kalau orang ahli hukum tidak harus membedah spesifik satu per satu regulasi, kecuali proyek regulasi itu ada. Menurutnya cara membentuk regulasi adalah membuat naskah akademik lalu digali lagi opportunity, kapasitas lembaga, serta komunikasi publik.

“Kalau saya ditanya bagaimana regulasi karbon, bukan hanya karbon dan jadi itu yang akan kita lakukan, tapi sebenarnya yang terpenting bagi saya apapun yang akan kita bangun itu harus ada sistem pengawasan keuangan,” paparnya.

Jawaban Mahfud ini dibalas oleh Gibran yang mengaku tidak mendapatkan jawaban yang jelas. Menurutnya Mahfud tidak menjawab apapun pertanyaannya terkait Carbon Capture and Storage.

“Simple sekali Pak, mohon dijawab sesuai pertanyaan yang saya tanyakan, ndak perlu ngambang ke mana-mana,” balas Gibran.

Namun di segmen selanjutnya, Mahfud terlihat memprotes pertanyaan Gibran karena keluar dari tema debat pada malam tersebut. Sebelumnya moderator debat mengingatkan kepada para cawapres untuk melontarkan pertanyaan sesuai tema debat.

“Terimakasih moderator Anda mengingatkan agar kembali ke tema debat, karena tadi pertanyaan Carbon capture itu debat ke 4 tanggal 21 Januari,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan komentar