IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Debat Capres Ketiga Serang Personal, Jokowi : Kurang Mengedukasi

Avatar of Jurnalis : Muzakki - Editor : Ano
Presiden Jokowi saat berdialog dengan warga, Senin (8/1/2024). (X @jokowi)
Presiden Jokowi saat berdialog dengan warga, Senin (8/1/2024). (X @jokowi)

Jakarta, Kabarterdepan.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengomentari jalannya debat capres ketiga yang digelar KPU di Istora Senayan Jakarta, Minggu (7/1/2024) malam.

Menurut Jokowi, jalannya debat perlu diformat kembali untuk lebih baik. Salah satunya terlihat saling serang antar capres yang mengarah ke personal.

Responsive Images

“Memang perlu diformat lebih baik lagi. Saling menyerang enggak apa-apa tapi (soal) kebijakan, policy, visinya yang diserang. Bukan untuk saling menjatuhkan dengan motif-motif personal saya kira enggak perlu. Enggak, enggak baik, tidak mengedukasi,” ujar Jokowi di sela-sela kunjungannya di Serang, Banten, Senin (8/1/2024).

Jokowi menilai, tidak masalah antar paslon saling serang, asalkan menyoal kebijakan, visi dan misi. Sehingga subtansi dari debat tersebut dapat ditangkap publik.

“Saya memang melihat, substansi dari visinya malah tidak kelihatan. Yang kelihatan justru saling menyerang, yang sebetulnya enggak apa-apa, asal (itu soal) kebijakan. Asal policy. Asal visi ya enggak apa-apa,” jelas Jokowi.

“Tapi kalau yang sudah menyerang personal, pribadi yang tidak ada hubungan dengan konteks debat tadi malam, mengenai apa hubungan internasional, mengenai geopolitik, dan lain-lain saya kira kurang memberikan pendidikan, kurang mengedukasi masyarakat yang menonton,” imbuhnya.

Debat capres ketiga mengusung tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik. Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengeluarkan gagasannya, sekaligus ada beberapa bagian yang menyerang secara personal. (*)


Eksplorasi konten lain dari Kabar Terdepan

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan komentar