IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Bupati Mojokerto Sidak Puskesmas dan Kecamatan, Pastikan Pelayanan Berjalan dengan Baik

IMG 20240102 WA0084
Bupati Mojokerto sidak kantor Kecamatan Kemlagi (Diskominfo Kab Mojokerto)

Kabupaten Mojokerto, Kabarterdepan.com – Pemerintah Kabupaten Mojokerto berupaya untuk memastikan semua unit pelayanan puskesmas dan kantor kecamatan berjalan dengan baik dan lancar pasca libur tahun baru 2024.

Untuk itu, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati melakukan pemantauan secara langsung pelayanan kesehatan dan pelayanan masyarakat di puskesmas Jetis dan kantor Kecamatan Kemlagi, Selasa (2/1/2023) pagi.

Responsive Images

Bupati Ikfina mengungkapkan, pemantauan dan inspeksi mendadak (sidak) tersebut sebagai bahan evaluasi terhadap kendala yang dialami selama tahun 2023.

Ia juga menginstruksikan, apa saja yang harus dibenahi di tahun 2024 yang baru akan dimulai hari ini, karena Bupati Ikfina menginginkan seluruh indikator kinerja dapat terpenuhi sesuai target.

“Tahun 2024 ini saya turun untuk sampling titik-titik pelayanan masyarakat. Khusus untuk bidang kesehatan, ada evaluasi besar. Nanti kita akan laksanakan juga dengan RSUD dan Labkesda. Masukan-masukan sudah saya terima. Saya minta tahun 2024 pelayanan tetap fokus dan lebih baik, karena tahun ini banyak tantangannya,” ucap Bupati Ikfina di Puskesmas Jetis.

Tahun 2024, lanjut Ikfina, kesehatan menjadi prioritas utama, hal tersebut juga didukung dengan target yang dikejar oleh Presiden RI Joko Widodo yakni penurunan stunting.

“Upaya penurunan stunting tidak berdiri sendiri. Tidak saja kita cari balitanya dan tangani, namun juga memperbaiki lainnya, misal pemenuhan kebutuhan air bersih dan indikator lainnya agar mengcover daerah-daerah lain yang stuntingnya masih tinggi. Saya minta tahun 2024 harus lebih profesional dan sesuai target,” tegasnya.

Sementara itu, saat sidak di kantor Kecamatan Kemlagi, Bupati Mojokerto sangat mengapresiasi kecamatan Kemlagi yang telah berhasil memaksimalkan realisasi anggaran pada tahun 2023, hingga lebih dari 90%.

“Saya memang minta untuk dilakukan evaluasi kinerja 2023 dan ketepatan capaian serta masalah-masalah yang dihadapi. Sehingga bisa menjadi dasar perencanaan 2024. Kecamatan Kemlagi saya periksa serapannya sudah cukup bagus di atas 95%, bahkan ini melampaui kabupaten,” bebernya.

Orang nomor satu di lingkup Pemkab Mojokerto juga mengimbau, agar Kecamatan Kemlagi terus mengerjakan berbagai kegiatan yang telah menjadi tanggung jawabnya, meskipun tidak ada anggarannya.

“Misalnya, yang anggarannya dibiayai APBD. Ini tolong dievaluasi. Karena ini tahun politik, saya minta tetaplah fokus pada pelayanan,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Kemlagi Tri Cahyono Harianto menjelaskan terkait penyerapan anggaran lebih dari 90 persen, di Kecamatan Kemlagi bisa maksimal berkat kecermatan perencanaan, kerja sama, dan komitmen seluruh pegawai sehingga realisasi bisa diserap maksimal.

“Pejabat-pejabat kami di sini tergolong baru-baru. Namun karena basic beliau-beliau dari dinas, sehingga bisa menyesuaikan apa yang ada di kecamatan,” bebernya.

Tri juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh perangkat kecamatan Kemlagi atas kinerjanya di tahun 2023. Ia juga berpesan agar seluruh perangkat bisa melakukan semua kegiatan sesuai program kerja dan anggaran kas.

“Terkait tahun politik 2024, kita sudah teken pakta netralitas ASN. Saya minta itu betul-betul dijaga,” pungkasnya. (*)

Responsive Images

Tinggalkan komentar