IMM Toyota - Mojokerto
Kitoshindo
Birth Beyond

Bolehkah Salat Tahajud Setelah Tarawih dan Witir? Ini Hukumnya

WhatsApp Image 2024 03 23 at 10.14.17 AM
Ilustrasi salat (Freepik)

Nasional, Kabarterdepan.com – Salat witir umumnya disebut sebagai salat penutup di malam hari. Namun, selama bulan Ramadan apakah diperbolehkan melakukan salat tahajud setelah salat witir? Simak selengkapnya berikut ini.

Ramadan merupakan bulan yang penuh keistimewaan bagi umat muslim. Di bulan yang suci ini, umat muslim berlomba-lomba untuk melakukan ibadah sebanyak-banyaknya karena dijanjikan pahala yang berlipat ganda.

Responsive Images

Salah satu amalan yang bisa dilakukan saat bulan Ramadan adalah memperbanyak salat sunnah pada waktu malam hari. Akan tetapi, hal ini menimbulkan pertanyaan bolehkah melakukan shalat tahajud setelah shalat witir?

Pertanyaan ini muncul karena umumnya shalat tarawih dilakukan secara berjamaah di masjid dan diakhiri dengan melakukan shalat witir. Padahal, di sisi lain ada kesunahan shalat tahajud.

Hukum salat tahajud setelah salat witir di dalam Al-Quran dijelaskan kesunahan salat tahajud sebagai berikut:

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا

Artinya: “Pada sebagian malam lakukanlah salat tahajud sebagai (suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (QS Al-Isra: 79).

Selain itu, terdapat sebuah hadits yang menjelaskan bahwa shalat witir merupakan shalat sunah penutup di malam hari, sebagaimana hadits yang berbunyi:

اجْعَلُوا آخِرَ صَلَاتِكُمْ بِاللَّيْلِ وِتْرًا

Artinya: “Jadikanlah sholat witir sebagai pengakhir shalatmu.” (Muttafaqun ‘Alaih).

Oleh karenanya. hadits tersebut merupakan anjuran untuk melakukan shalat witir sebagai shalat penutup di malam hari. Walaupun demikian, anjuran ini tidak sampai pada taraf sebuah kewajiban, sehingga melakukan shalat tahajud setelah shalat witir diperbolehkan.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa melakukan shalat tahajud setelah shalat witir diperbolehkan. Akan tetapi, setelah melakukan shalat tahajud tetap disunahkan untuk melakukan shalat sunah witir. (*)

Responsive Images

Tinggalkan komentar